Klungkung ( Metrobali.com )-

Sejumlah kelompok pembudidayaan ikan, rumput laut dan nelayan di Kabupaten Klungkung, Jumat (16/11)  menerima bantuan BLM PUMP tahun 2012. Bantuan pusat ini diserahkan langsung Bupati Klungkung, I Wayan Candra bersama anggota DPR RI Komisi IV, Drs. I Made Urip, M.Si dan I Gusti Ketut Adi Putra, SH dibalai banjar Tri Buana, Kusamba.

Program BLM PUMP ini merupakan program yang menyentuh langsung kepada para pelaku usaha perikanan budidaya dan nelayan. Di mana di Kabupaten Klungkung kegiatannya telah dilaksanakan sejak tahun 2011 lalu. Kegiatan ini menyasar 2 kelompok usaha budidaya rumput laut, 3 kelompok usaha perikanan air tawar dan 3 kelompok nelayan perikanan tangkap dengan akumulasi bantuan yang diberikan sebesar Rp. 800 juta.

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Klungkung, Drh. I Gusti Ngurah Badiwangsa mengatakan, jumlah kelompok yang menggarap sektor perikanan dan kelautan sampai saat ini tercatat sebanyak 181 kelompok, dengan catatan sebanyak 33 kelompok pembudidaya ikan, 87 kelompok pembudidaya rumput laut dan 61 kelompok nelayan tangkap.

Ditahun 2012 ini menurut Badiwangsa, Kabupaten Klungkung mendapatkan dua kegiatan PUMP, yaitu PUMP Perikanan budidaya dan PUMP perikanan tangkap. Untuk PUMP budidaya ikan menyasar 15 kelompok pembudidaya ikan dan rumput laut di emnpat Kecamatan. Sedangkan untuk PUMP perikanan tangkap sebanyak 21 kelompok yang tersebar di tiga Kecamatan, yakni Dawan, Klungkung dan Nusa Penida.

“Dengan diserahkannya bantuan BLM PUMP tahun 2012, yang mana jumlah bantuan untuk kegiatan PUMP perikanan budidaya sebesar Rp. 975 juta dan PUMP perikanan tangkap sebesar Rp. 2,1 milyar, dengan demikian masalah permodalan yang sering dihadapi para pembudidaya ikan dan nelayan dapat diatasi,”ujar Badiwangsa.

Sementara itu, Bupati Klungkung, I Wayan Candra berharap bantuan yang diserahkan ini dapat dipergunakan dengan baik dan mampu meningkatkan produktifitas. “Kedepan dengan produksi yang tinggi bisa meningkatkan volume penghasilan dari para nelayan dan pembudidaya rumput laut tersebut,” katanya. SUS-MB

Baca Juga :
Meriahkan Hari Jadi Perdana, PAKIS Bali Gelar Donor Darah