albertus julius benny

Denpasar(Metrobali.com)-

Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal Albertus Julius Benny Mokalu mengingatkan masyarakat di Pulau Dewata untuk berpartisipasi menjaga suasana agar tetap kondusif menjelang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014.

“Saya hanya mengingatkan mari bersama-sama menjaga keamanan,” katanya di Denpasar, Minggu (25/5).

Menurut dia, menjaga keamanan tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri melainkan perlu sinergitas antara Polri dan TNI, termasuk masyarakat.

“Keamanan tidak bisa diwujudkan sendiri-sendiri. Seluruh komponen bangsa harus bersinergi,” ucap mantan Kepala Polda Bengkulu itu.

Pihaknya mengapresiasi peran masyarakat Bali yang ikut menciptakan suasana kondusif dengan sistem pengamanan desa pakraman atau adat yang masih dipegang teguh oleh masyarakat setempat.

“Situasi di Bali kondusif karena ada sistem desa pakraman,” katanya.

Seperti diketahui setiap desa di Pulau Dewata memiliki petugas pengamanan adat atau “pecalang” yang bersinergi dengan aparat keamanan dalam membantu kegiatan pengamanan.

Hal itu tidak terlepas dari nilai jenius lokal yang sangat melekat di setiap masyarakat.

Begitu juga dengan organisasi kemasyarakatan atau ormas yang kini banyak berdiri di Bali, diharapkan berkontribusi menciptakan suasana kondusif pada masa pesta demokrasi rakyat ini.

Jenderal dengan bintang dua itu mengharapkan sukses dan amannya pelaksanaan Pilpres di Bali akan berdampak terhadap perkembangan pariwisata di Pulau Dewata yang merupakan denyut nadi pariwisata nasional.

Sehingga masyarakat diminta untuk membantu pihak berwajib dalam menjaga keamanan wilayah menjelang Pilpres 2014. AN-MB 

Baca Juga :
Maling Kursi Kayu Jati, Sungkono Ditangkap