Jembrana (Metrobali.com)

 

Kapal Motor Penumpang (KMP) Tiga Anugrah, Minggu (13/3/2022) siang kandas di Pantai Asri, Lingkungan Asri, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya. Dari kejadian tersebut semua penumpang berhasil dievakuasi.

Dari informasi KMP Tiga Anugrah yang dinahkodai Heru Dwi K berlayar dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur sekitar pukul 12.00.

Saat menunggu giliran sandar di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, tiba-tiba mesin kapal mati sehingga kapal hanyut terseret arus.

KMP Tiga Anugrah dengan 6 ABK dan 7 perwira kapal saat itu memuat 10 unit sepeda motor, 8 unit mobil pribadi, 1 unit pickup dan 5 unit truk sedang.

Sekitar pukul 13.10 kapal kandas di Pantai Asri tidak jauh dari Pasar Gilimanuk. Kapal sengaja dikandaskan karena nahkoda tidak ingin mengambil resiko dan untuk keselamatan penumpang lantaran arus sangat kuat.

Setelah kapal kandas, Nahkoda kapal lalu menghubungi ASDP Pelabuhan Gilimanuk untuk meminta bantuan. Dan sejumlah petugas dari instansi terkait termasuk anggota dari Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk menuju ke lokasi.

Dibantu jukung warga setempat, penumpang KMP Tiga Anugrah sebanyak 49 orang berhasil dievakuasi dengan selamat. Para penumpang kapal kemudian dibawa ke Kantor ASDP Pelabuhan Gilimanuk menggunakan ambulan dan kendaraan milik salah satu warga.

KMP Tiga Anugrah berhasil sandar di MB III Pelabuhan Gilimanuk setelah ditarik KMP Agung Wilis l. Dan sekitar pukul 15.15 semua muatan kendaraan berhasil diturunkan.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Kompol I Gusti Putu Dharmanatha mengatakan dari pemeriksaan kesehatan yang dilakukan KKP Gilimanuk semua penumpang selamat dan sehat.

“Untuk pemeriksaan dan perbaikan kapal dilakukan di Ketapang” ujarnya. (Komang Tole)

Baca Juga :
Tim Pemenangan Capres di Bali, Jokowi Punya Alit Kelakan, Prabowo Punya Siapa?