Tokyo, (Metrobali.com) –

Kanselir Jerman Angela Merkel akan mengunjungi Jepang awal bulan depan, untuk pertama kalinya setelah tujuh tahun, untuk melakukan konferensi tingkat tinggi dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, demikian disampaikan seorang pejabat Jepang, Jumat.

Rencana kunjungan Merkel ke Jepang merupakan balasan setelah PM Abe mengunjungi Jerman tahun lalu, dan setelah Merkel mengunjungi Jepang pada 2008 untuk menghadiri KTT Kelompok Delapan.

“Kami mengkoordinasikan kunjungan Kanselir Merkel ke Jepang ini pada awal Maret, tetapi rincian mengenai kunjungannya masih belum diputuskan,” kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang.

Kunjungan itu dilakukan karena kedua negara sedang mempersiapkan diri untuk menandai peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Dunia II, di mana pandangan Abe tentang sejarah Perang Dunia II terus mendapatkan sorotan internasional.

Pada pertemuan Menteri Luar Negeri Jepang-Jerman di Tokyo pada Januari, Fumio Kishida berkata kepada Frank-Walter Steinmeier bahwa “Jepang dan Jerman harus bersama-sama menyampaikan pesan-pesan positif kepada dunia dengan menyebutkan beberapa kontribusi di masa lalu untuk perdamaian, stabilitas dan kemakmuran dunia”.

Merkel dijadwalkan untuk memberikan pidato kepada publik Jepang pada 9 Maret dalam acara yang diselenggarakan oleh Asahi Shimbun.

(Ant) –

 

Baca Juga :
Kapolri terbitkan instruksi penanganan kedatangan pekerja migran