Mangupura (Metrobali.com)-

Mengawali tugas perdana setelah mengikuti pendidikan selama sebulan lebih di Harvard university, Bupati Badung Anak Agung Gde Agung, SH , Selasa 16/10 langsung menggelar rapat dengan seluruh staf yang dihadiri oleh wakil Bupati Drs. I Ketut Sudikerta, sekda Badung Kompyang R Swandika beserta segenap Satuan Kerja Perangkat Daerah termasuk Lurah Dan Camat se Kabupaten Badung di Ruang Pertemuan Krya Gosana Puspem Badung.

Rapat yang dihadiri semua pimpinan SKPD ini Bupati Gde Agung menyampaikan apresiasi serta penghargaan terhadap kinerja seluruh Staf lingkup Pemkab Badung yang telah melaksanakan tugas dan fungsinya sehingga seluruh tahapan dalam pencapaian misi dan Tema Pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik walaupun Bupati tidak di tempat karena mengikuti EETP 2012 di Harvard university.

“Ini merupakan suatu kebanggaan bersama karena kita telah memilki sistem pemerintahan yang telah  terbangun dengan baik, hal ini telah dibuktikan bahwa tanpa kehadiran sosok bupati Gde Agung bahwa semua sistem telah berjalan secara baik sesuai dengan mekanisme dengan mengikuti prinsip-prinsip pelaksanaan fungsi pemerintahan yang baik.” demikian antara lain ditegaskan oleh Bupati gde Agung ketika mendengar laporan dari segenap SKPD terkait pelaksanaan tugas selama ditinggal mengikuti pendidikan di boston Amerika.

Dalam acara Rapat tersebut Bupati Gde Agung selain mendengar langsung laporan pelaksanaan tugas oleh Wakil Bupati selaku PLH Bupati serta laporan pelaksanaan administrasi dari Sekda badung Kompyang R Swandika, juga sempat menyampaikan berbagai pengalaman terutama terkait erat dengan implementasi ebijakan berekenaan dengan mekanisme penyususnan kebijakan  termasuk mewajibkan seluruh SKPD untuk melakukan evaluasi dempak terhadap setiap program yang dilaksanakan oleh masing-masing SKPD di Badung, selain itu juga ditekankan dalam melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan segenap skpd agar memperhatikan tiga hal penting yang perlu mendapat perhatian dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yakni :Kewenangan, negosiasi dan persuasi.

Baca Juga :
Gubernur Koster "Dum" Anggaran Stimulus untuk Usaha Koperasi, Contoh Pemimpin Totalitas Bantu Rakyat

Sementara terkait laporan pelaksanaan tugas masing masing SKPD secara bergilir yang diawali laporan oleh  Kepala Bappeda Litbang Badung Wayan Suambara, mengungkapkan bahwa sesuai petunjuk Bapak Bupati performa atau postur APBD Badung telah dirancang dengan mengikuti ketentuan serta arahan sebagaimana diatur dengan permendagri No. 37 2012 tentang pedoman penyususan anggaran pendapatan daerah dan belanja daerah dengan format yang cukup elegant dengan komposisi belanja daerah 2,7 trilyun, belanja publik 64,7 % belanja aparatur 35,3 %, belanja modal 30,5 %, anggaran pendidikan 21,7 %, anggaran kesehatan 14,37 % dan anggaran infrastruktur 23,38 %.

Selanjutnya Kadis Buna Marga IB. Soerya melaporkan bahwa pelaksanaan pembangunan infrastruktur khususnya di wilayah Kuta Selatan, Kuta dan Kuta Utara mendapat prioritas penanganan sehingga sebelum dilaksanaannya apec 2013, pengerjaannya sudah dapat dituntaskan dengan baik, demikian pula kadis Cipta Karya dan Kadis DKP yang juga melaporkan upaya-upaya dalam rangka pelaksanaan tugas terutama program-program yang terkait dengan menyambut APEC 2013.

Sebelum mengakhiri rapat, Bupati melepas kerinduan akan suasana kebersamaan dengan melakukan santap siang nasi bungkus bersama segenap SKPD termasuk juga Camat dan Lurah se-Kabupaten Badung. IKA-MB