Jembrana (Metrobali.com)
Satgas covid-19 Jembrana terus mengejar percepatan pelaksanaan vaksinasi virus corona (Covid-19). Target yang dipatok adalah sebesar 70 persen dari jumlah penduduk Jembrana atau sekitar 220 ribu orang.
Guna mengejar target itu, beberapa upaya dan akselerasi dilakukan.
Selain menyasar kantong kantong padat penduduk , upaya jemput bola dilakukan juga dari banjar ke banjar .
Dijelaskan Juru Bicara Satgas Covid-19 dr Gusti Agung Putu Arisantha, Minggu ( 23/5/2021) , pelaksanaan vaksinasi ke banjar banjar upaya untuk memenuhi  percepatan target dalam mencapai herd immunity. Karena itu diperlukan percepatan pelayanan.
Ia merinci , guna terbentuknya herd immunity diperlukan 70 persen dari penduduk Jembrana atau sekitar 220 ribu orang sudah divaksin.
” Percepatan vaksinasi itu memerlukan perluasan cakupan pelayanan. Target minimal kita  2250 orang divaksin per hari. Nah gerakan kebanjar ini, upaya untuk memenuhi target tersebut, ” papar Arisantha.
Meski upaya jemput bola dilakukan, namun tanpa mengesampingkan pelayanan vaksin di fasilitas kesehatan. Selain 10  puskesmas, RSU Negara dan klinik Polres , RS Swasta juga turut ambil bagian dalam pelayanan vaksinasi tadi.
Secara teknis rincinya, vaksinasi ke banjar banjar ini dibawah kendali tim dari puskesmas yang  mewilayahi daerah binaan. Masing masing puskesmas sudah membagi kedalam dua tim , baik yang melakukan vaksinasi jemput bola serta vaksinasi di fasilitas kesehatan. Di lapangan , tim tersebut akan bersininergi dengan
 camat , perbekel / lurah  agar vaksinasi ke banjar banjar ini bisa diterima masyarakat.
“Pelayanan vaksinasi kebanjar  ini diluar jawdal vaksinasi puskesmas yang sudah rutin diselenggarakan . Jadi ada pendataan sebelumnya terhadap target vaksin sesuai golongan serta usia diatas 18 tahun . Nah ini kita dibantu pihak kewilayahan dibawah,termasuk menyampaikan jadwal pelaksanaan dibanjar tersebut,”  rincinya.
Lebih lanjut , Arisantha merinci di Jembrana sendiri pelaksanaan vaksinasi dimulai sejak 29 Januari 2021 .hingga kini ( data masuk  19/5/2021) sudah divaksin masyarakat Jembrana
Dosis 1 sebannyak 54.101. Sedangkan untuk dosis kedua sebanyak
Dosis 2: 29.848. (RED-MB)
Baca Juga :
Pangdam Jaya Amankan Blusukan Presiden Jokowi dan PM Australia Malcolm Turnbull ke Pasar Tanah Abang