Jembrana (Metrobali.com)

 

Guna mempercepat pemulihan ekonomi, pemerintah Kabupaten Jembrana melakukan langkah strategis dalam menggenjot masyarakat untuk melakukan vaksinasi booster. Salah satunya melalui pemberian door prize berhadiah bagi masyarakat yang melakukan vaksinasi booster dari tanggal 5 – 10 Maret 2022.

Hal tersebut disampaikan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba didampingi Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna saat melakukan pemantauan vaksinasi di Kantor Kelurahan Loloan Timur dan Balai Banjar Banjar Anyar Desa Batuagung, Sabtu (5/3).

“Pemantauan kita lakukan untuk memastikan pelaksanaan mencapai target sesuai target provinsi yang tervaksinasi booster sebanyak 30 persen. Sehingga dari target tersebut Jembrana kurang 30.000 (tiga puluh ribu) yang harus di booster. Kita target mendapatkan 1.200 orang/kecamatan,”ujarnya.

Dijelaskan Bupati Tamba terkait langkahnya dalam menggenjot vaksinasi di kabupaten Jembrana, salah satunya dengan memberikan doorprize. Langkah itu menurutnya sebagai perangsang menarik minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi.
Permasalahan selama ini kata bupati, kehadiran masyarakat yang rendah ke pos vaksinasi. “Sebelumnya hal yang sama juga dilakukan Polres Jembrana. Kali ini Pemkab Jembrana juga melakukan upaya percepatan vaksinasi booster. Masyarakat cukup membawa KTP atau kartu vaksinasi. Dan ini berlaku masyarakat ber-KTP Jembrana yang melakukan vaksinasi booster di seluruh puskesmas dan pos vaksinasi di Jembrana, dari tanggal 5 hingga 10 Maret dan diundi pada 11 Maret nanti,”jelasnya.

Terkait doorprize, masyarakat yang beruntung akan mendapatkan hadiah berupa sepeda gunung, televisi dan handphone. Dalam hal ini Bupati Tamba juga memberikan tambahan stimulus berupa 2 buah handphone untuk lebih merangsang masyarakat melakukan vaksinasi. Ia juga mengajak seluruh pihak lintas sektor untuk bersama – sama berkomitmen meningkatkan percepatan vaksinasi. “Saya juga minta perbekel/lurah beserta jajaran kaling/prajuru untuk lebih meningkatkan sosialisasi serta perannya dalam upaya menghadirkan masyarakat ke tempat pos – pos vaksinasi,”imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata mengatakan gebyar vaksin booster hingga kemarin (5/3), capaian masih 40 persen yaitu cakupan 2435 dari target 6000/hari untuk mencapai 30 persen vaksinasi booster sampai dengan Kamis (10/3) nanti. “Dari target 6000 sasaran vaksinasi diseluruh kecamatan, hingga Sabtu (5/3) total ada 2305 (38 persen) sasaran tervaksinasi,”pungkasnya.(RED-MB)