Foto: Pengurus DPD PSI Kabupaten Jembrana saat mendatangi kantor KPU Jembrana.

Jembrana (Metrobali.com)-

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Jembrana aktif berkoordinasi dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Jembrana jelang verifikasi administratif dan verifikasi faktual partai politik peserta Pemilu 2024.

Terlebih di awal ditemukan adanya indikasi KTP warga yang telah masuk di sistem sebagai anggota PSI atau masuk dalam KTA (Kartu Tanda Anggota) PSI, identitas warga itu digunakan oleh partai lain masuk ke sistem sebagai anggota partai tersebut. Untuk itu pada Rabu 24 Agustus 2022 PSI Jembrana mendatangi KPU Jembrana untuk berkoordinasi terkait persiapan verifikasi parpol.

“Ada perbaikan berdasarkan info dari pusat karena adanya keanggotaan ganda. KTP anggota PSI ada dipakai oleh partai lain. Satu orang juga dipakai oleh partai lain sebagai anggota itu tidak boleh. Jadi kami koordinasikan ke KPU,” kata Ketua DPD PSI Kabupaten Jembrana Dewa Putu Oka Saputra.

Setelah diklarifikasi, warga pemilik KTP bersangkutan yang masuk kategori keanggotaan ganda mengaku tetap di PSI. “Jadi kami masih fokus untuk memastikan tidak ada keanggotaan ganda sehingga verfikasi bisa berjalan lancar,” kata Dewa Oka.

Di sisi lain Dewa Oka mengakui KPU Jembrana mengapresiasi kesigapan PSI yang terus aktif berkoordinasi dengan KPU jelang verifikaasi parpol ini. “PSI Jembrana paling aktif, paling giat komunikasi, koordinasi, bertanya dengan KPU terkait verifikasi ke depannya,” terang Dewa Oka.

Di sisi lain empat jempol patut diberikan untuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Jembrana yang terlihat sangat serius dan solid untuk melengkapi struktur kepengurusan partai sampai ke tingkat desa.

Bahkan kepengurusan PSI di Jembrana sudah bisa dibilang full team, kepengurusan lengkap 100 persen dari tingkat DPD di Kabupaten, DPC (Dewan Pimpinan Cabang) di kecamatan sampai di tingkat desa atau DPRt (Dewan Pimpinan Ranting). Kepengurusan tingkat DPRt sudah terbentuk di 41 desa, 10 kelurahan se-Kabupaten Jembrana, tidak ada yang bolong alias sudah lengkap 100 persen.

Lengkapnya struktur kepengurusan PSI di Jembrana ini merupakan suatu capaian yang luar biasa jelang verifikasi partai politik (parpol) peserta Pileg 2024 dan suatu lompatan besar dibandingkan Pileg 2019 lalu dimana PSI di Jembarana tidak ada kepengurusannya sehingga tidak ikut dalam hajatan Pileg di Jembrana.

“Kepengurusan PSI di Jembrana sudah lengkap 100 persen sampai ke ranting. Jadi kami sudah full team dan ini berkat kerja keras dan keseriusan semua teman-teman pengurus dan kader PSI di Jembrana. Karena itu kami sudah sangat siap verfikasi dan yakin lolos,” pungkas Dewa Oka. (dan)