Suasana sembahyang di Viara Klungkung

Klungkung ( Metrobali.com )-

Jelang perayaan Imlek yang jatuh pada Jumat ( 31/1 ) jajaran Polres Klungkung yang dipimpin langsung Kapolres Klungkung AKBP Ni Wayan Sri YW, Sik berkesempatan mengunjungi Viara yang ada di jalan Ngurah Rai Klungkung. Dalam kunjungan itu jajaran Polres tidak lain untuk pengamanan Imlek, bukan itu saja kebetulan pula pada Rabu ( 29/1 ) adalah hari raya Siwalatri. Di Viara Dharma Ratna, Kapolres yang didampingi Kasat Reskrim AKP Nyoman Wirajaya, Kasat Lantas AKP Slamet HS, Kasubag Humas AKP Made Sudanta dan beberapa petinggi Polres Klungkung sempat melakukan persembahyangan di dalam Klenteng Zhong Yi Miao yang ada di dalam lingkungan Vihara.

Kapolres mengakui kalau kunjunganya ke Klanteng dan Vihara merupakan bagian dari pengamanan dan pemantauan menjelang Imlek. Menurut Kapolres selain pengamanan Imblek juga di lakukan pengamanan Siwalatri. Ini karena kedua hari raya tersebut perayaanya kebetulan jatuh berdekatan. Bahkan untuk pengamanan Siwalatri, Polres Klungkung juga menerjunkan personil khusus sampai ke Nusa Penida. Beberapa pura besar di Klungkung mendapat perhatian pengamanan saat Siwalatri kali ini. Diantaranya adalah pura Goa Lawah. Sementara di Nusa Penida ada tiga pura besar yang menjadi fokus pengamanan yakni Pura Ped, Guri Putri dan Puncak Mundi. Bahkan pengamanan di Nusa Penida dipimpin langsung Waka Polres Klungkung Kompol I Gusti Agung Dana Ariawan.

Sementara pengamanan di Klungkung anggota langsung diterjunkan ke Pura pura. Bahkan beberapa anggota juga turun dengan mempergunakan pakaian adat berbaur dengan warga Hindu yang merayakan Siwalatri. “Kebetulan perayaan kedua hari besar ini datangnya berdekatan makanya pengamanan dilakukan sekaligus,” ujar Kapolres.

Kapolres akui kalau saat Siwalatri kali ini juga ada peningkatan volume penyebrangan ke nusa penida, banyak warga Nusa Penida dan warga bali lainya bertolak ke Nusa Penida untuk merayakan Siwalatri di beberapa pura di Nusa Penida.

Baca Juga :
Jenazah Warga Negara Singapura Divisum di Sanglah

Kapolres juga menghimbu kepada masyarakat yang menjalankan hari raya Siwalatri agar menjaga keamanan yang sudah kondusif ini. ” Saya harap umat hundu yang menjalan hari raya Siwalatri agar bersama sama menjaga klungkung yang kondusif ini, ” ujarnya. SUS-MB