Pengurus Organisasi Pengusaha Rent Car Daerah
Pengurus Organisasi Pengusaha Rent Car Daerah  (Asperda) Bali
Denpasar, (Metrobali.com)-
Sejak disahkan pada tanggal 18 Januari 2016 lalu, Asperda atau Organisasi Pengusaha Rent Car Daerah dengan SK Menkumham : AHU-0005827. AH.01.07 tahun 2016, sudah terbentuk di 10 DPD Provinsi di Indonesia termasuk Bali.
Dan dalam waktu dekat Asperda akan melakukan pelantikan pengurus DPD Asperda Bali Periode 2017 pada Oktober mendatang.
“Asperda dibentuk untuk menjawab dan mengakomodir semua kepentingan pelaku atau pengusaha rent car, dan menjadi satu-satunya induk organisasi yang dapat menghubungkan antara regulasi yang dikeluarkan pemerintah dengan pelaksanaan transportasi angkutan sewa tidak dalam trayek, baik umum maupun khusus,” ujar Ketua Asperda DPD Bali Paskalis Budy Hartono didampingi wakilnya Aryanto dan Sekretaris Asperda Made Mendra, di Denpasar, Jumat (18/8).
Sejak berdirinya Asperda, keanggotaan Asperda DPD Bali sudah berjumlah 150 orang anggota. Jumlah tersebut didapat melalui proses seleksi yang ketat. Hartono mengatakan, setiap pihak yang berkeinginan menjadi anggota Asperda DPD Bali harus melalui berbagai tahapan. Hal ini dimaksudkan agar hanya pihak-pihak tertentu yang memenuhi kriterialah yang lolos. Sehingga kualitas para anggota Asperda bisa dijaminkan.
“Untuk tergabung menjadi anggota Asperda, ada beberapa syarat ataupun screening ketat yang harus dilakukan. Asperda memiliki team verifikasi yang akan menscreening dan memastikan anggota yang akan tergabung adalah benar-benar pelaku atau pengusaha rent car, yang memiliki kevalidan data dan domisili perusahaan. SOP ini harus dijalankan untuk memberikan jaminan rasa aman antara para pengusaha yang tergabung di dalamnya, agar tidak merasa was-was lagi dalam melakukan transaksi sewa menyewa mobil dengan sesama anggota,” jelasnya.
Asperda
Pasalnya tak hanya itu, menjadi anggota Asperda juga menawarkan berbagai kemudahan bergengsi bagi para penyedia jasa rent car. Kemudahan yang didapat para anggota Asperda diantaranya Legal formal baik terkait ijin usaha maupun ijin pariwisata, Cross Selling antar anggota Asperda dari DPD lainnya sehingga memungkinkan mendapat orderan jasa lebih besar peluangnya.
Selain itu setiap anggota mendapatkan jaminan keamanan baik advokasi maupun yang bersifat buser di lapangan juga difasilitasi. Tak hanya itu peningkatan inovasi dengan pembinaan dan pelatihan terhadap anggotanya juga menjadi tawaran yang menarik bagi para pengusaha rent car. Hingga nantinya merambah ke fungsi sosial lainnya.
“Misalnya dengan Cross selling ini memungkinkan anggota dari Asperda DPD Bali bisa menerima job dari DPD luar Bali. Dengan kata lain dengan bergabung di Asperda kami juga berkontribusi untuk meningkatkan order keanggotanya secara adil,” terangnya.
Pihaknya mentargetkan pada Desember mendatang pertumbuhan anggota Asperda DPD Bali bisa mencapai 300 orang. Para pengusaha Rent Car yang tergabung di dalam Asperda berharap dengan terbentuknya organisasi ini, para pelaku bisnis rent car dapat memiliki kemudahan dalam menjalankan bisnis rent car tanpa merasa was-was akan permasalahan yang sering terjadi, misalnya kehilangan unit mobil, dan sulitnya mencari unit mobil tambahan secara insidentil.
Sebagian pengusaha rent car saat ini yang sudah tergabung dengan Asperda memang diakui masih ada yang belum mengurus ijin kendaraannya, dengan status kendaraan masih bersifat pribadi dan belum menjadi kendaraan sewa umum atau khusus tidak dalam trayek, sesuai dengan peraturan menteri perhubungan Nomor 32 tahun 2016 atau 26 tahun 2017.
“Untuk itu, Asperda telah bekerjasama dengan salah satu perusahaan penyelenggara transportasi akan memberikan kemudahan bagi anggotanya yang akan mengurus ijinnya dengan memberikan  kemudahan cara pembayaran dengan cara mencicil atau bertahap,” terangnya.
Dalam hal ini pihaknya juga mengapresiasi dan meminta Dinas Perhubungan Darat Provinsi Bali agar terus melakukan sosialisasi dan pendekatan persuasif  tinimbang melakukan penindakan di lapangan. “Dan sudah menjadi kewajiban kami di Asperda untuk turut mendukung agar pengusaha rent car dapat dengan segera melengkapi ijin semua armadanya,” jelasnya.
Saat ini, Asperda telah didukung oleh mitra-mitra Asperda dari pelaku bisnis lain, baik itu hotel, restoran, watersport activity, dan lainnya.  Dengan tergabung dengan asperda, memungkinkan para pengusaha bisnis tersebut dapat memasarkan usahanya dan peluang untuk mengembangkan usahanya semakin besar dan terkenal.SIA-MB
Baca Juga :
Raka “Song Bererong” Sidan : Program Mangku Pastika Pro-Rakyat Bali