Denpasar (Metrobali.com)-

Mulai 28 Desember hingga 31 Desember 2011 mendatang, Pemkot Denpasar menggelar Denpasar Festival 2012 ke 5  yang dipusatkan di Jalan Gajah Mada, Jalan Veteran dan seputaran Patung Catur Muka. Event rutin akhir tahun yang berkonsep on the street festival itu tentu akan berdampak pada kondisi lalu lintas di sekitarnya.

Guna mengatasi kekroditan lalu lintas terkait penyelenggaraan event tersebut, Pemkot Denpasar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Denpasar merancang perombakan arus lalu lintas di 14 titik ruas jalan. Perubahan arus itu akan dimulai Jumat  (28/12) sore hingga penutupan jalan menjelang detik-detik pergantian 2012 ke 2013 nanti. Kepala Bidang Pengendalian Operasional (Dalops) Dishub Kota Denpasar I Ketut Sriawan mengatakan hal itu, Selasa  (25/12) kemarin.

Menurut Sriawan, arus lalin pada 14 titik ruas jalan yang akan dirombak itu meliputi arus lalin yang datang dari arah barat Jalan Gajah Mada akan dibelokkan menuju Jalan Sulawesi dan Jalan Kartini. Dari utara jalan ditutup mulai dari simpang Veteran-Durian dan Karna, dari selatan Jalan Udayana ke utara ditutup dan dialihkan ke Jalan Beliton-Sutoyo.

Sementara dari timur arus lalin diarahkan ke Jalan Kepundung-Kapten Agung, Jalan Kaliasem utara juga ditutup, simpang Jalan Arjuna-Kresna-Karna juga ditutup dari arah utara.

Dengan adanya penutupan ini, Sriawan yang didampingi Kasubag Pemberitaan Humas Kota Denpasar Dewa Gede Rai, berharap warga Denpasar dapat memaklumi dan mencari jalan alternatif lain. Di samping itu, masyarakat diharapkan sedapat mungkin menghindari melewati jalan-jalan tersebut dan memilih jalan alternatif. ”Penutupan dan pengalihan arus lalu lintas itu dilakukan agar tidak terjadi kemacetan yang parah. Masyarakat diharapkan mencari jalan alternatif,” katanya.

Untuk pengunjung dan undangan Denpasar Festival, kata dia, pihaknya sudah menyiapkan beberapa tempat untuk kantong parkir. Undangan VIP disiapkan tempat parkir di Jalan Udayana depan Makodam Udayana dan untuk parkir pengunjung dapat menggunakan sentral parkir di Pasar Badung, sentral parkir Pertokoan Lokitasari, Jalan Sumatra, Kaliasem, Veteran Utara, Karna, Surapati depan SMPN 1 Denpasar dan Jalan Kresna.
Terkait pengamanan event budaya tahunan tersebut, Sriawan mengatakan pihaknya akan menurunkan sekitar 371 personel gabungan dari unsur Dishub yang dibantu aparat dari Kepolisian, TNI, POM ABRI, Kodim, Tramtib, pecalang, Kesbangpol, BPBD, DKP dan unsur kesehatan yang tergabung dalam Tim Posko Terpadu. Dia berharap, event rutin tahunan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar. ”Kami juga berharap masyarakat dapat menikmati aneka hiburan dan kuliner dengan santai dan nyaman,” katanya. DEWA-MB

Baca Juga :
Serangan Rudal AS Tewaskan Komandan Pasukan Quds Iran