Ket foto : Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Rapat Teknis Partisipasi Dunia Usaha Dalam Pembangunan yang digelar secara virtual dari Kantor Walikota Denpasar, Selasa (7/9).

Denpasar, (Metrobali.com)

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Rapat Teknis Partisipasi Dunia Usaha Dalam Pembangunan yang digelar secara virtual dari Kantor Walikota Denpasar, Selasa (7/9). Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan kerjasama guna mendukung optimalisasi pembangunan di Kota Denpasar pada masa pandemi covid-19.

Tampak hadir secara virtual dalam kesempatan tersebut Kelompok Ahli Kota Denpasar, OPD di Lingkungan Pemkot Denpasar, Wakil Ketua Kadin Kota Denpasar, Wayan Suananta Wijaya dan Dr. I Nyoman Subanda selaku narasumber.

Dalam sambutanya Walikota Jaya Negara mengatakan, RPJMD Semesta Berencana Kota Denpasar Tahun 2021-2026 telah ditetapkan. Dokumen tersebut secara otomatis menjadi acuan perencaaan pembangunan 5 tahun kedepan  oleh semua stakeholder di Kota Denpasar.

“Pencapaian target-target yang ditetapkan pertahun menjadi tanggung jawab kita bersama sehingga dapat terwujud ‘Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju’,” jelasnya

Jaya Negara yang didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan I Dewa Gede Rai menjelaskan, pandemi Covd-19 yang mewabah hingga saat ini menjadi tantangan pembangunan di Kota Denpasar. Dimana, pandemi memberikan dampak terhadap Pendapatan Asli Derah (PAD). Karenanya, saat ini APBD Kota Denpasar difokuskan pada belanja penanganan Covid-19, pendidikan, kesehatan, sosial serta pemulihan ekonomi.

“Dari kondisi ini tentu kami memberikan ruang bagi pelaku usaha untuk ikut berkontribusi dengan mengarahkan CSR digunakan sebagai alternatif guna mendukung pembangunan di Kota Denpasar,” jelasnya

Pihaknya juga menekankan bahwa pembangunan dan pembiayaan ini dilaksanakan dengan mengedepankan transparansi, efisiensi, dan tepat sasaran.

“Tentunya kami berharap rapat teknis ini dapat dimanfaatkan OPD di Lingkungan Pemkot Denpasar untuk memahami prioritas pembangunan selama 5 tahun dan juga program strategis yang dapat dikolaborasikan dengan pelaku usaha di Kota Denpasar,” harapnya

Baca Juga :
Pemkab Tabanan Gelar Aksi dan Green Festival Kota Hijau

Sementara itu, Wakil Ketua Kadin Kota Denpasar, Wayan Suananta Wijaya menyambut baik pelaksanaan rapat teknis ini. Dimana, momentum ini merupakan awal yang baik guna menciptakan pembangunan Kota Denpasar yang berkelanjutan.

“Kami mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan Pemkot Denpasar kepada Kadin, tentunya sinergitas yang sudah baik ini agar terus dijaga bersama dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan berkemanfaatan,” ujarnya. (RED-MB)