Foto: Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih, SE., M.AP atau yang akrab disapa Demer pada 5 Juni 2021 akan melakukan sosialisasi Program Pembiayaan Ultra Mikro dengan menyasar kalangan muda pelaku UMKM di Bali.

Denpasar (Metrobali.com)-

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah berdampak terhadap seluruh aspek kehidupan umat manusia. Baik dari apek sosial maupun budaya. Lebih-lebih dari aspek ekonomi. Masyarakat Bali yang selama ini sangat bergantung dari sektor pariwisata mengalami pukulan yang sangat berat. Pada triwulan II tahun 2020 perekonomian Bali menurun hingga minus (10,98)%.

Bali mengalami kerugian sekitar 9,7 triliun Rupiah setiap bulan dari sektor pariwisata saja. Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Sumber Daya Mineral Provinsi Bali, per 25 Mei 2020, sebanyak 71.313 tenaga kerja sektor formal di-PHK dan 2.570 orang kehilangan pekerjaan.

Bertolak dari kondisi perekonomian yang porak-poranda akibat pandemi Covid-19, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih, SE., M.AP atau yang akrab disapa Demer melirik pelaku UMKM sebagai benteng pertahanan ekonomi masyarakat Bali sebagai sektor yang cukup mampu bertahan dalam berbagai situasi ketidakpastian ekonomi global akibat Covid-19.

Demer tidak segan-segan terjun ke lapangan untuk memberikan jalan keluar kepada pelaku UMKM. Salah satunya adalah dengan turut melakukan sosialisasi Program Pembiayaan Ultra Mikro yang dicanangkan oleh Kementerian Keuangan. Meskipun ia sebagai anggota legislatif, tak segan-segan turut andil demi membantu pelaku UMKM.

“Dalam kondisi masyarakat seperti ini, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab semua pihak untuk mengambil bagian dalam upaya penyelamatan ekonomi. Selama ini saya melihat cukup banyak program pemerintah untuk membantu pelaku UMKM namun informasinya belum tersampaikan secara utuh di kalangan bawah. Saya tidak gengsi atau malu, setiap ada kesempatan bertemu masyarakat saya selalu membagi informasi terkait program pemerintah dalam rangka membantu masyarakat,” ungkap Demer.

Baca Juga :
Muscab IV Demokrat se- Bali, AHY Ingatkan Kader Jaga Spirit Mental Kuda Hitam, Berlari Kencang Jemput Kemenangan Pemilu 2024

Jangan lewatkan. Pada tanggal 5 Juni 2021 nanti politisi senior Partai Golkar ini akan melakukan sosialisasi Program Pembiayaan Ultra Mikro dengan menyasar kalangan muda pelaku UMKM di Bali.

Demer akan menggandeng pera pembicara dari kalangan BUMN terkait antara lain Nuril Islamiah selaku Pimpinan Kantor Wilayah VII PT Pegadaian, Rudy Andimono CEO BRI Bali Nusra dan Jimy Firmansyah GM PT PNM Bali.

“Acara nanti rencananya akan dilaksanakan di Gedung BDI Denpasar, Jalan WR Supratman Nomor 302 Denpasar dari jam 09.00 sampai selesai. Kali ini kami menyasar kalangan anak-anak muda pelaku UMKM di Bali. Sebab mereka ini sedang semangat-semangatnya untuk memulai usaha dan mengalami hambatan permodalan,” ungkap Ardaba Kory selaku ketua panitia pelaksana kegiatan.

Program Pembiayaan Ultra Mikro (Umi) sendiri merupakan program pemerintah berbentuk pembiayaan usaha yang ditunjukan bagi masyarakat yang belum terjangkau fasilitas perbankan.

Plafon pinjaman sampai dengan 10 juta rupiah. Bagaimana dan apa syarat-syarat untuk mendapatkannya? Jangan lewatkan acaranya. (wid)