Foto: Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) berfoto bersama penerima bantuan paket sembako PSBI, di Jro Anyar Taman Prenem, Peguyangan, Denpasar, Sabtu (3/7/2021).

Denpasar (Metrobali.com)-

Di tengah masa pandemi Covid-19 Bank Indonesia (BI) berperan besar dalam menjaga stabilitas perekonomian dan moneter Indonesia.

Tidak hanya itu Bank Indonesia juga memberikan program bantuan langsung bagi masyarakat lewat Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dengan menyalurkan bantuan sembako bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan sembako PSBI ini kembali disalurkan serangkaian peringataan  HUT ke-68 Bank Indonesia yang jatuh pada 1 Juli 2021.

“Kami ingin menyambut memberikan support kepada Bank Indonesia bahwa Bank Indonesia melekat di hati masyarakat. Bank Indonesia juga turut serta membangun ekonomi Bali dan juga ekonomi moneter bangsa Indonesia,” kata Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) usai menyerahkan 1.000 paket sembako PSBI di di Jro Anyar Taman Prenem, Peguyangan, Denpasar, Sabtu (3/7/2021).

Rai Wirajaya mengucapkan selamat HUT ke-68 Bank Indonesia yang jatuh pada 1 Juli 2021, semoga tetap menjaga moneter dan ekonomi bangsa Indonesia. Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini lantas mengapresiasi kinerja Bank Indonesia yang selama ini sudah luar biasa banyak melakukan upaya membangkitkan perekonomian Bali dan membantu masyarakat Bali dengan bantuan sembako PSBI.

“Sembako ini penting bagi masyarakat Bali karena situasi pandemi ini belum pasti kapan selesainya. Tidak ada yang bisa menjawab kapan pandemi Covid-19 ini selesai. Makanya dukungan Bank Indonesia ini sangat luar biasa di tengah HUT ke-68,” ujarnya.

Diharapkan dengan adanya bantuan paket sembako ini bisa menurunkan beban pengeluaran rumah tangga, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pangan, sehingga membuat kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi. Bagi para pelaku UMKM, program ini juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

Baca Juga :
Pengawasan Lebih Mudah, Klungkung Sementara Tetap Siapkan Karantina di Hotel

Dalam penyerahan paket sembako PSBI ini hadir pula Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali yang diwakili S. Donny Heautubun selaku Ekonom Ahli Grup Perumusan dan Implementasi Kedua Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali.

Bantuan total 1.000 paket sembako diserahkan langsung Rai Wirajaya dan tim dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali kepada sejumlah kelompok masyarakat penerima dari berbagai daerah di Bali.

Penyerahan bantuan sembako PSBI ini sebagai tindak lanjut dari direalisasikannya Proposal Perkumpulan Jiwatera oleh Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia dan disetujui sebanyak 1.000 paket sembako/kebutuhan pokok masyarakat.

Rai Wirajaya mengaku lega bisa kembali memenuhi permohonan bantuan sembako dari berbagai kelompok masyarakat yang memang masih membutuhkan bantuan dan uluran tangan untuk bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai ini.

“Banyak yang masih antre, banyak yang mengajukan permohonan bantuan sembako. Tentu tidak bisa kami penuhi sekaligus. Tapi syukur bisa bertahap dan konsisten kami lakukan penyaluran bantuan ini. Hal ini tidak terlepas dari atensi dari mitra kerja kami di Komisi XI, salah satunya dari Bank Indonesia melalui program PSBI kali ini,” ungkap Rai Wirajaya.

Anggota DPR RI empat periode ini mengatakan program bantuan sembako kepada masyarakat ini dipandang penting terus dilakukan mengingat perekonomian Bali belum pulih sepenuhnya, masih minus, dan pariwisata yang menjadi andalan Bali juga belum bisa bangkit.

Ia menambahkan penyerahan paket sembako ini sebagai upaya terus memberikan sumbangsih lewat aksi kemanusiaan menyentuh dan meringankan beban masyarakat yang membutuhkan dan terdampak pandemi Covid-19 serta tetap memberikan harapan dan menyuntikkan semangat kepada masyarakat.

Diharapkan bantuan sembako ini bisa bermanfaat meringankan beban masyarakat, sebab pandemi Covid-19 ini belum benar-benar berakhir.  “Paket sembako ini disalurkan kepada warga agar mereka bisa survive apalagi ekonomi dan pariwisata di Bali belum pulih,” pungkas politisi senior PDI Perjuangan asal Peguyangan, Denpasar ini.

Baca Juga :
Kominfo ambil langkah tegas tangani konten bermuatan SARA

Di sisi lain, Rai Wirajaya juga tetap mengingatkan masyarakat agar selalu taat dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19 dan mempercepat upaya pemulihan ekonomi.

Para perwakilan penerima sembako PSBI sangat berterima kasih dan mengapresiasi konsisten kepedulian Rai Wirajaya terus membantu masyarakat dengan bantuan sembako dan sekarang dari PSBI. Sebab dalam kondisi sulit di masa pandemi, sembako ini sangat membantu masyarakat untuk bertahan,

“Terima kasih BI dan Pak Rai Wirajaya atas bantuan sembako PSBI yang memang sangat dibutuhkan saat pandemi. Sembako kebutuhan mutlak untuk warga bisa. makan dan bertahan. Harapannya progam program seperti ini diperbanyak,” kata salah seorang penerima.

Sementara itu bantuan sembako yang difasilitasi Rai Wirajaya ini didistribusikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 kepada kelompok masyarakat penerima. Kelompok masyarakat penerima bantuan sembako PSBI total 1.000 paket ini diantaranya Perkumpulan Jaringan Relawan Tatanan Era Baru (Jiwatera) 150 paket;  Pura Merajan Agung Desa Saba Kabupaten Gianyar 100 paket; Banjar Kutri Desa Singapadu Kabupaten Gianyar 100 paket.

Lalu Banjar Adat Abasan Desa Pakraman Kutri Kabupaten Gianyar 100 paket;Karang Taruna Dharma Bakti Kelurahan Pedungan Kota Denpasar 50 paket; Dadia Paibon Pekelingan Desa Besan Kabupaten Klungkung 50 paket; Pasemetonan Pemerajan Agung Tiga Pemecutan Kabupaten Bangli 100 paket.

Selanjutnya Pura Dadia Kuta Waringin Merta Sari Kabupaten Karangasem 100 paket; Pura Agung Bayan Kendal, Banjarangkan, Kabupaten Klungkung 150 paket; Pengempon Pura Dadia Pasek Banjar Gula Kabupaten Karangasem 100 paket.(wid)