Foto: Aplikasi ProDenpasar+ telah bertransformasi menjadi SuperApps, memberikan informasi dan layanan publik dalam satu genggaman.

Denpasar (Metrobali.com)-

Pemerintah Kota Denpasar terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan publik yang maksimal kepada warga kota sebagai implementasi spirit dan moto Sewaka Dharma (melayani adalah kewajiban).

Salah satunya dengan terus mengembangkan aplikasi mobile ProDenpasar+ yang kini menjadi salah satu aplikasi kebanggaan warga kota dan juga menguatkan posisi Kota Denpasar sebagai Smart City (Kota Cerdas).

Aplikasi ProDenpasar+ telah bertransformasi menjadi SuperApps. Ini platform mobile yang menghadirkan solusi informasi, aspirasi dan keluhan warga Kota Denpasar dalam satu genggaman yang mengusung karakateristik dan keunggulan mudah, simple, cepat dan akurat.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi Bidang Pengelolaan Smart City Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfo) Pemerintah Kota Denpasar Dewa Ngakan Ketut Rama Sanjaya, Senin (11/11/2019).

ProDenpasar+ yang merupakan singkatan dari Pelayanan Rakyat Online Kota Denpasar adalah perangkat lunak sistem pelayanan aspirasi, keluhan dan Informasi warga secara real time.

Pengguna dapat mengakses layanan publik di Kota Denpasar, melaporkan keluhan dari mana saja dan kapan saja menggunakan Smartphone berbasis Android dan IOS.

Kehadiran SuperApps ProDenpasar+ yang dikembangkan Diskominfo Pemkot Denpasar ini dilatarbelakangi atas pemikiran perlunya sarana untuk melaporkan kejadian di masyarakat secara langsung kepada aparat Pemerintah Daerah. Perlunya pemantauan bersama atas setiap respon pemerintah terhadap setiap laporan masyarakat.

Pemkot Denpasar juga ingin meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat baik pelayanan terhadap laporan pengaduan (keluhan, kritik saran dan pertanyaan) maupun pelayanan informasi. Di sisi lain teknologi mobile diyakini menjadikan layanan lebih mudah, cepat dan murah.

“Dengan berbagai pertimbangan itu maka lahirlah aplikasi ProDenpasar pada tahun 2015 yang awalnya lebih difokuskan untuk pengaduan online yang dalam perjalanan terus berkembang menjadi platform pelayanan publik dalam satu genggaman ProDenpasar+,” ungkap Rama.

Baca Juga :
Kasus Sembuh dan Kasus Positif Covid-19 di Kota Denpasar Sama-Sama Bertambah 13 Orang

Tujuan aplikasi ini untuk membantu masyarakat agar dapat melaporkan keluhan di lapangan secara langsung dan kapanpun kepada pemerintah dilengkapi bukti yang kuat seperti foto, dokumen dan lokasi kejadian.

Laporan masyarakat dapat dipantau dan direspon secara langsung oleh pemerintah dan petugas di lapangan untuk ditinda lanjuti.

Lewat SuperApps ProDenpasar+, Pemkot Denpasar juga dapat memonitoring dan menganalisa laporan masyarakat dan respon cepat petugas lapangan secara real time.

Di sisi lain masyarakat juga dapat mengakses informasi yang disajikan oleh pemerintah lebih mudah, cepat dan akurat.

Keunggulan SuperApps ProDenpasar+ adalah sangat mudah digunakan oleh warga. Aplikasi ini dapat digunakan secara realtime dalam 24 jam.

Aplikasi berbasis mobile (android dan IOS) ini juga terhubung langsung dengan pejabat pemerintah sehingga mempercepat respon pengaduan.

SuperApps kebanggaan warga Denpasar ini memiliki dashboard interaktif dan terintegrasi dengan DAMAMAYA Denpasar Cyber Monitor (Command Center Pemkot Denpasar) sebagai ruang untuk memonitor data dan permasalahan di Kota Denpasar.

SuperApps ProDenpasar+ juga terhubung langsung dengan Kepala Daerah (Walikota dan Wakil Walikota Denpasar), 45 OPD/Instansi beserta jajarannya, dua  Instansi Vertikal (Kejaksaan Negeri Denpasar dan Telkom) serta  43 Perbekel/Lurah maupun Kepala Lingkungan/Kepala Dusun se-Kota Denpasar.

Ini Fiturnya, Layanan dalam Satu Genggaman

Fitur utama aplikasi ini adalah Pengaduan Online. Aplikasi ini juga dilengkapi berbagai fitur pendukung untuk memberikan akses pelayanan publik secara simple, mudah, cepat, akurat dan real time kepada warga.

Ada fitur Panggilan Darurat 112 yang memudahkan warga membutuhkan pertolongan dalam kondisi darurat. Fitur Live CCTV memberikan pantauan kondisi lalu lintas terkini di sejumlah ruas jalan di Kota Denpasar.

Selanjutnya ada fitur informatif yakni Lowongan Pekerjaan yang memudahkan para pencari kerja mengakses informasi peluang kerja secara online dari berbagai posisi dan perusahaan.

Baca Juga :
Warga Marga Komitmen Harga Babi Rp 26 Ribu Per Kilogram Jelang Hari Raya Galungan

Fitur Harga Pasar menampilkan informasi bahan pokok dan komoditas lainya di sejumlah pasar di Denpasar seperti di Pasar Kreneng dan Pasar Badung.

Fitur Perijinan mempermudah warga untuk mengurus perizinan secara online pada Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Denpasar. Fitur Antrean Capil memberikan akses layanan terkait kependudukan.

Selanjutnya fitur Damakesmas memberikan informasi terkait pelayanan kesehatan, warga juga dapat memonitor mobil ambulance terdekat. Bagi warga yang ingin mencari data disediakan fitur Pusat Data yang memuat data dari berbagai kategori di Kota Denpasar.

Warga juga dimudahkan dalam melaporkan kasus KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) atau kekerasan terhadap perempuan dan anak dengan fitur Lapor Kekerasan PA.

Sementara fitur Safe City Denpasar juga memudahkan warga melaporkan berbagai hal atau kejadian yang berkaitan dengan keamanan, ketertiban maupun lingkungan hingga mendapatkan informasi bencana alam seperti gempa bumi dan banjir. Pada fitur Portal Denpasar warga dapat mengakses informasi dan berita terkini di Kota Denpasar.

Aplikasi ini ternyata juga ramah dengan para penyandang disabilitas. Terbukti dengan adanya fitur Portal Disabilitas sebagai pintu gerbang informasi, komunikasi antar kelompok disabilitas dengan masyarakat umum, masyarakat yang membutuhkan jasa keahlian disabilitas, perusahaan penyedia pekerjaan serta pemerintah.

Warga juga bisa dimudahkan untuk membayar tagihan rekening air PDAM Kota Denpasar melalui fitur Tagihan PAM. Selanjutnya ada fitur Portal Desa Kelurahan untuk mencari informasi di desa/kelurahan masing-masing warga.

Promosikan Pariwisata


Dalam aplikasi PRO Denpasar+ ini juga ada salah satu aplikasi atau menu yang khusus terkait dengan pariwisata yakni Denpasar Sightseeing.

Aplikasi Denpasar Sightseeing ini berisi informasi seputar destinasi wisata dan hal-hal menarik untuk dilakukan dan dikunjungi di Kota Denpasar.

Baca Juga :
Bali Bentuk kader Peduli Aids di Sekolah

Dalam aplikasi Denpasar Sightseeing disampaikan informasi pariwisata dan budaya di Kota Denpasar seperti wisata kuliner, alam, sejarah, budaya, religi atau spiritual, dan wisata belanja.

Aplikasi ProDenpasar+ ini juga dilengkapi fitur City Tour yang menampilkan informasi dan peta titik-titik objek wisata dalam Denpasar City Tour yang dapat dikunjungi wisatawan.

Terintegrasi dengan Aplikasi Instansi Lain


Aplikasi ProDenpasar+ juga berkolaborasi dengan sejumlah instansi lainya menghadirkan layanan atau aplikasi mereka terintegriasi di aplikasi ini.

Misalnya pada fitur Bayar Online, pengguna akan terhubung langsung dengan aplikasi BPD Bali Mobile yang memudahkan penggunanya untuk melakukan beragam layanan dan transaksi perbankan melalui smartphone.

Sejak September 2018 Aplikasi ProDenpasar+ juga telah menambah fitur atau layanan baru yakni Wadah Pelayanan Adyaksa  (Wayan Adyaksa) bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Denpasar.

Fitur Wayan Adyaksa  dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai pelayanan hukum secara online, serta menjadi produk kerja unggulan antara Pemkot Denpasar dan Kejari.

Terdapat 4 fitur layanan meliputi pengantar layanan barang bukti tilang, info perkara, pengaduan masyarakat, dan layanan hukum.

Aplikasi ProDenpasar+ juga teritegrasi dengan aplikasi Sidarling Denpasar yang merupakan aplikasi mobile untuk Operator Bank Sampah di Kota Denpasar yang melakukan menajemen data transaksi tabungan sampah dari masyarakat.

Dalam mewujudkan layanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang cepat, sistematis dan bebas biaya, ProDenpasar+ juga diintegrasikan dengan aplikasi i-PBB.

Fitur informatif lainnya dalam Aplikasi ProDenpasar+ ini berupa Info Denpasar yang terdiri atas Info DBB (memberikan informasi mengenai waspada dan edukasi pencegahan demam berdarah), Agenda Denpasar (berisi informasi agenda sejumlah event yang belangsung di Kota Denpasar), serta Info Penting. (wid)