Imunisasi JE, Optimis Target 95 Persen Terpenuhi

Jembrana (Metrobali.com)-
Dinas Kesehatan (Dikes) Jembrana optimis target 95 persen imunisasi JE (Japanese Encephalitis) hingga akhir bulan April ini akan terpenuhi.
“Dari bulan Maret sampai Selasa hari ini dari 63.176 sasaran 86 persennya sudah diimunisasi JE” terang Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dikes Kesehatan Jembrana dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, Selasa (17/4).
Menurutnya guna memaksimalkan pelaksanaan munisasi JE pihaknya juga telah melakukan sosialisasi sekaligus imunisasi kejumlah sekolah dari TK hingga SMP.
Karena sasaran imunisasi lanjutnya dengan menyasar anak dari usia 9 bulan hingga kurang satu hari dari 15 tahun.
“Imunisasi JE juga bisa didapatkan disetiap kegiatan Pos Yandu, Pustu, Puskesmas, Klinik dan rumah sakit” ujar dr. Oka saat sosialisasi di SMP Firdaus di Desa Banyubiru, Kecamatan Negara.
Oka mengatakan manusia bisa tertularkan virus JE jika tergigit nyamuk Culex Tritaeniorhynchus yang terinfeksi. Nyamuk jenis ini banyak terdapat diarean persawahan dan irigasi.
Penderita JE pada umumnya menunjukan gejala ringan atau tidak sama sekali. Gejalanya baru muncul 5-15 hari setelah digigit nyamuk yang terinfeksi virus berupa demam menggigil, sakit kepala, lemah mual dan muntah.
Virus JE menyerang manusia pada selaput otak maupun radang otak yang bisa berakibat kematian. Kalaupun sembuh akan ada gejala sisa berupa kelumpuhan atau cacat mental.
Pewarta : Komang Darmadi
Editor      : Hana Sutiawati
Baca Juga :
Baru Rampung, Bangunan di Areal PPN Pengambengan Terbakar