Foto: Ghana Hasta salah satu mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Udayana.

Denpasar (Metrobali.com)-

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tidak henti-hentinya menyelenggarakan program Kampus Merdeka yang membangkitkan semangat mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) atau Beasiswa Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia adalah salah satu program unggulannya.

Salah satu mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Udayana, Ghana Hasta, berkesempatan untuk mengikuti program IISMA pada tahun 2021 di University of Szeged Hungaria, salah satu univeritas terbaik dalam system pembelajarannya.

“Mengenyam pendidikan di luar negeri merupakan salah satu keinginan saya, selain itu banyak hal yang mendorong saya untuk mengikuti program ini seperti halnya saya ingin tahu bagaimana sistem pendidikan di luar negeri, kehidupan sosial di lingkungan kampus maupun di negara tersebut, dan bagaimana budaya yang ada di negara itu” ungkap Ghana. “Menjadi awardee program ini merupakan suatu kesempatan dan pengalaman yang berharga bagi saya,” tambahnya.

Dalam keterangannya, proses tahapan perjalanan pendaftaran hingga pengumuman cukup panjang. Saat dinyatakan lolos, para awardee diminta untuk menyiapkan berkas-berkas keberangkatan. Ghana juga menceritakan bagaimana perjalanannya menuju Hungaria, segala aktivas yang pertama kali dilakukan sebelum proses pembelajaran awal, salah satu kegiatanya berkenalan dengan mahasiswa internasional dari negara lain, selain itu terdapat juga city tour dan bachelor part.

Pembelajaran di lakukan secara tatap muka. “Saya sangat menikmati belajar disini karena dosen pengajar yang sangat baik dan juga mata kuliah yang ditawarkan kampus sangat menarik. Mengenai kehidupan di Hungaria tepatnya di kota Szeged ini saya rasa sangat cocok untuk pelajar karena dapat dikatakan bahwa kota ini sangat ramah terhadap pelajar, selain itu biaya hidup di negara ini juga tidak terlalu tinggi.” tuturnya, dengan ceria dan memberikan apresiasi tinggi kepada tim International Office / Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Udayana karena sudah sangat suportif kepada semua mahasiswa yang ingin mengikuti program IISMA. (rls)

Baca Juga :
Diperiksa Sebagai Saksi, Ketua FPI Ahmad Sobri Lubis Tak Penuhi Panggilan Polisi