Jembrana (Metrobali.com)

Serangkaiandengan Hari Ulang Tahun (HUT) Korem 163/Wira Satya ke-60 menggelar kegiatan sosial Donor Darah Plasma Konvalesen. Pendonor merupakan jajaran TNI/Polri, pemerintah hingga masyarakat umum, terlibat dalam kegiatan donor darah ini. Dipusatkan di Auditorium kabupaten Jembrana, Selasa (9/2), kegiatan terselenggara berkat kerjasama antara TNI, Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Jembrana dan Pemkab Jembrana. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Jembrana I Putu Artha, Dandim 1617 Jembrana Letkol Inf. Hasrifuddin Haruna beserta jajaran forkopimda Jembrana.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf. Hasrifuddin Haruna menyampaikan bahwa kegiatan donor darah sudah menjadi agenda rutinnya dan untuk donor plasma konvalesen ini merupakan donor yang pertama kali dilakukan di Jembrana. “Ini pertama kalinya diadakan donor plasma konvalesen di Jembrana. Ini dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran virus covid-19. Salah satu metode pengobatan yang dianggap efektif adalah terapi dari donor darah konvalesen.”katanya.

Dijelaskannya, plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien covid-19 yang telah sembuh kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. “Jadi donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari corona. Terapi plasma konvalesen dalam hal covid-19 acuannya adalah penyintas penyakit itu diharapkan sudah membentuk antibodi. Terapi plasma konvalesen diberikan dengan cara mengambil plasma darah yang mengandung antibodi dari donor, kemudian ditransfusikan kepada pasien yang membutuhkan,”imbuhnya.

Terkait pelaksanaan donor, Letkol Inf. Hasrifuddin Haruna mengatakan bahwa sehari sebelum pelaksanaan telah dilakukan screening baik itu untuk donor darah biasa dan donor darah plasma konvalesen. “Khusus untuk donor darah plasma konvalesen, dari 40 orang yang kita lakukan screening, hanya dua orang yang lolos screening dan hari ini kita lakukan proses donor tersebut,” ujarnya.

Baca Juga :
Bawaslu Bali Koordinasikan Pelantikan Bawaslu Kabupaten

Sementara Bupati Jembrana I Putu Artha menyampaikan ucapan terimakasihnya atas terselenggara kegiatan donor darah konvalesen dalam rangkaa HUT ke-60 Korem 163/ Wira Satya. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat mulia dimana sangat bermanfaat bagi masyarakat Jembrana yang membutuhkan. “Semoga akan semakin banyak pasien yang sembuh terapi ini, dan angka kematian covid-19 semakin berkurang. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan serta ditingkatkan lagi,” kata Artha.

Lebih lanjut Bupati Artha mengajak untuk ikut melakukan donor bagi penyintas covid-19. “Selain dengan pemberian vaksin, ini juga merupakan salah satu langkah kita dalam melakukan penyembuhan kepada pasien covid-19 utamanya yang bergejala berat. Kepada masyarakat penyintas covid-19 lainnya saya minta untuk ikut berpartisipasi yang dilanjutkan juga dengan upaya penyadaran kepada masyarakat agar lebih memahami upaya – upaya pencegahan covid-19,”terang Bupati Artha.(Humas Pemkab Jembrana)