Buleleng, (Metrobali.com)

Jalur Singaraja – Bedugul kerap menimbulkan kemacetan arus lalintas yang diakibatkan turun hujan secara lebat. Malahan yang cukup ekstrem, guyuran hujan lebat dibarengi tanah longsor, dan pohon tumbang melumpuhkan jalur tersebut. Seperti yang terjadi pada Kamis, (25/3/2021) sekitar Pukul 13.00 Wita di jalur Singaraja-Bedugul tepatnya di Desa Gitgit dan Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng,
2 pohon tumbang disertai tanah longsor.

Tak pelak membuat arus lalulintas disepanjang jalur utama tersebut macet total beberapa kilo meter hingga berjam-jam lamanya. Mengingat, tumbangnya 2 batang pohon berdiameter 50 Centimeter (Cm) menutup akses jalan.

Dari peristiwa ini, tidak ada korban jiwa. Dan petugas dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulelengpun terjun langsung lokasi berupaya mengevakuasi pohon tumbang. Sedangkan pihak TNI/Polri turut berusaha melakukan pengawasan. Begitu juga petugas dari Balai Jalan Provinsi Bali. Sebanyak 12 personel TRC BPBD Buleleng langsung mengevakuasi dua pohon tumbang serta membersihkan sisa-sisa material longsor yang kebanyakan berupa bebatuan.

Tampak terlihat petugas BPBD Buleleng sibuk memotong batang pohon menggunakan alat pemotong kayu (chainsaw), yang menutup akses jalan berlangsung cukup lama, lantaran ukuran batang pohon cukup besar. Sehingga sekitar Pukul 15.10 Wita, batang pohon itupun berhasil dipotong. Dan akses jalan kembali normal, kendati arus lalulintas dilaluu dengan padat merayap.

Kepala BPBD Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi mengatakan pohon tumbang disertai tanah longsor yang terjadi di jalur utama Singaraja-Bedugul kawasan Desa Wanagiri diakibatkan karena hujan deras, ditambah kondisi tanah yang labil.

“Pohon tumbang dan tanah longsor ini sempat menyebabkan arus lalulintas menjadi macet total,” ujarnya.

“Setelah dilakukan evakuasi terhadap pohon tumbang, arus lalulintas di jalur itu sudah kembali normal,” Ariadi Pribadi

Baca Juga :
Sean Langsung Fokus ke Red Bull Ring

Iapun menghimbau agar masyarakat yang melintasi jalur Singaraja – Bedugul utamanya di wilayah Gitgit dan Wanagiri tetap berhati-hati.

“Tetap hati-hati melintasi sepanjang jalur dikawasan perbukitan yang rawan bencana longsor dan pohon tumbang.” tandasnya. GS