Holtikultura Berkontribusi Terhadap Penurunan NTP Bali

single-image

panusunan siregar

Denpasar (Metrobali.com)-

Subsektor hortikultura berkontribusi terhadap penurunan nilai tukar petani (NTP) Bali sebesar 1,33 persen dari 103,93 persen pada bulan Mei 2014 menjadi 102,54 persen pada Juni 2014.

“Penurunan NTP pada subsektor hortikultura itu akibat turunya indeks yang diterima petani sebesar satu,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Panusunan Siregar di Denpasar, Senin (14/7).

Indeks yang dibayar petani mengalami kenaikan sebesar 0,34 persen. Sementara turunnya nilai indeks yang diterima petani didorong oleh turunnya indeks harga kelompok tanaman obat sebesar 2,55 persen dan buah-buahan 1,91 persen.

Sedangkan kelompok sayur mayur mengalami kenaikan indeks harga sebesar 1,20 persen. Penurunan harga kelompok tanaman obat didorong didorong oleh turunnya harga sejumlah komoditas antara lain kunyit -4,54 persen, jahe -3,99 persen dan lengkuas -3,98 persen.

Panusunan Siregar menambahkan bahwa permintaan akan komoditas buah-buahan setelah Hari Raya Galungan dan Kuningan kembali normal sehingga mengakibatkan turunnya harga beberapa komoditas kelompok buah-buahan.

Harga buah anggur misalnya -15 persen, mangga 6,29 persen, jeruk -5,27 persen dan stawberry -lima persen. Sedangkan kenaikan indeks kelompok sayur mayur antara lain dipicu oleh naiknya harga komoditas bawang putih sebesar 6,60 persen.

Selain itu juga bawang merah 5,76 persen, kol/kubis 4,98 persen dan ketimun 3,78 persen. Pada sisi lain kenaikan indeks harga yang dibayar petani disebabkan oleh naiknya indeks konsumsi rumah tangga sebesar 0,41 persen serta biaya produksi dan penambahan barang modal (BPPBM) 0,14 persen, ujar Panasunan Siregar.

Subsektor hortikultura merupakan salah satu dari lima komponen pembentukan NTP Bali. Dari lima komponen itu tiga di antaranya mengalami kenaikan dan dua terjadi penurunan.

Ketiga komponen yang mengalami kenaikan meliputi sub sektor peternakan, sub sektor tanaman perkebunan dan tanaman pangan.

Sementara dua komponen yang mengalami penurunan selain sub sektor hortikultura juga sub sektor perikanan.

NTP Bali pada bulan Juni 2014 sebesar 104,58 persen, naik sebesar 0,14 persen dibanding bulan sebelumnya yang hanya 104,44 persen. AN-MB 

Bagikan :
Baca Juga :
Luhut: 18 negara bisa masuk Indonesia, kecuali Singapura

Leave a Comment

Your email address will not be published.