Keterangan foto: Ketua  Umum PPS Kertha Wisesa Anak AA Bagus Adhi Mahendra Putra bersama para atlet usai meraih juara umum dalam USM Pencak Silat Championship 2018 di Kota Semarang 6-8 Juli 2018/MB

Semarang, (Metrobali.com) –

Persatuan Pencak Silat (PPS) Kertha Wisesa Bali menorehkan prestasi membanggakan dan  berhasil mengharumkan nama Bali dengan meraih juara umum dalam USM Pencak Silat Championship 2018 yang berlangsung di Kota Semarang. Dalam kejuaraan yang digelar mulai 6-8 Juli 2018 ini, atlet Bali tampil luar biasa dengan mampu membawa pulang total 45 medali. Rinciannya 29 medali emas, 7 medali perak dan 9 medali perunggu.

“Para atlet PPS Kertha Wisesa Bali sudah berjuang dengan semangat puputan untuk mengharumkan nama perguruan dan Bali. Prestasi ini menjadi modal kuat untuk mengejar prestasi lainnya,” kata  Ketua Umum PPS Kertha Wisesa Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra saat dihubungi Minggu (8/7/2018).

Dalam USM Pencak Silat Championship 2018 yang diikuti oleh 771 peserta dari 11 daerah se Indonesia, PPS Kertha Wisesa Bali mengirimkan 48 atlet dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. “Astungkara perolehan prestasi ini ke depannya selain bisa membangkitkan seni pencak silat Kertha Wisesa lebih luas lagi juga sudah tentu di bidang prestasi. Harapan kita untuk jangka pendek ini bisa menjadi ajang penyemangat atlet menuju PON,” tegas Anggota DPR RI yang akrab disapa Gus Adhi ini.

Dalam kejuaraan tersebut, untuk laga tingkat usia dini (SD), Kertha Wisesa Bali meraih 10 emas, 2 perak dan 3 perunggu. Kertha Wisesa Bali di level ini menerjunkan 15 atlet dan semua meraih medali. Di tingkat pra remaja (SMP), Bali yang menurunkan 15 atlet juga semuanya meraih medali yakni 9 emas, 3 perak serta 3 perunggu.

Baca Juga :
Pertamax Motorsport Taruh Perhatian pada Regenerasi Atlet Demi Masa Depan Sprint Rally Tanah Air

Di tingkat remaja (SMA) yang menerjunkan 11 atlet, memperoleh 7 emas, dan masing-masing 1 perak dan perunggu. Di tingkat dewasa (mahasiswa) yang menerjunkan tiga atlet semuanya meraih medali yakni 1emas dan 2 perunggu.

Total seluruh atlet meraih 28 emas, 7 perak dan 9 perunggu. Kejuaraan pencak silat tingkat nasional antar pelajar SD, SMP, SMA dan mahasiswa ini digelar serangkaian Dies Natalies ke-31 Universitas Semarang.

Selain memuji semangat bertanding atlet PPS Kertha Wisesa Bali, Gus Adhi juga mengapresiasi kerja keras dan totalitas para pelatih dan offisial tim yang ikut bertandang ke Semarang. “Dukungan dari para orang tua atlet juga luar biasa. Jadi prestasi ini adalah berkat kerja keras, perjuangan dan dukungan semua pihak,” tambah Gus Adhi.

Yang cukup membanggakan pula, keikutsertaan PPS Kertha Wisesa Bali di USM Pencak Silat Championship 2018 yang berlangsung di Kota Semarang ini merupakan kejuaraan pertama yang diikuti di luar Bali. Di luar dugaan, prestasi puncak juara umum dapat diraih putra putri Bali ini.

Di sisi lain, keikutsertaan di kejuaraan ini juga menjadi wahana mempromosikan nama PPS Kertha Wisesa ke publik nasional. “Harapannya nama PPS Kertha Wisesa  bergaung hingga ke seluruh penjuru nusantara dan nantinya bisa kita buka perguruan di sejumlah provinsi di luar Bali,” tegas Gus Adhi yang juga anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Golkar itu.

Di bawah kepemimpinan Gus Adhi, PPS Kertha Wisesa memang terus berbenah dan melakukan berbagai terobosan. Salah satu yang menjadi fokus dan prioritas adalah peningkatan kuantitas keikutsertaan dalam berbagai kejuaraan baik tingkat lokal maupun nasional. Diagendakan minimal dua kali setahun, para atlet dikirim untuk mengikuti tryout atau kejuaraan ke luar Bali.

Baca Juga :
7.2 Commands The known Member selects on the Website the Subscription to that he wants a subscription.

Selain itu, PPS Kertha Wisesa juga akan melebarkan sayap ke sejumlah daerah di nusantara yang juga sebagai bentuk respon atas permintaan dan antusiasme masyarakat.

Pewarta : Widana Daud
Editor: Hana Sutiawati