Persembahyangan hari saraswati, Kunjungi bedah rumah di Karangasem

Karangasem (Metrobali.com)-

Tidak ada istilah hari libur bagi Gubernur Bali, Made Mangku Pastika. Seperti yang dilakukanya pada hari Raya Saraswati, Sabtu (4/10),  usai melaksanakan persembahyangan bersama di Mrajan Kantor Gubernur Bai, Pastika didampingi Ny. Ayu Pastika dan sejumlah Kepala SKPD Provinsi Bali turun meninjau 3 lokasipenerima bedah rumah di Kabupaten Karangasem.   “Tujuan  kunjungan saya kali ini adalah untuk melihat apakah program bedah rumah yang saya janjikan beberapa minggu lali sudah dikerjakan apa belum?” tegasnya. Ketiga warga penerima bedah rumah tersebut adalah  yaitu keluarga I Wayan Kawit di Banjar  Segah Nongan Rendang, keluarga Nengah Mangku di desa Ababi Abang  dan keluarga Ni Made Siang diDesa Tista Abang.

Bantuan bedah rumah untuk keluarga I Wayan Kawit berasal dari bantuan dari Dompet kemanusiaan Pembaca yang dihimpun Harian Pos Bali, sedangkan bedah rumah untuk Ni Made Siang adalah bantuan dari dompet Dana punia yang dihimpun dari para pembaca Harian Fajar Bali.  Kedua rumah tersebut sudah rampung pengerjaanya, namun belum ditempati oleh pemiliknya. Sedangkan bedah rumah bagi Nengah Mangku biayanya berasal dari APBD provinsi Bali, dan pengerjaanya baru saja dimulai.  Selanjutnya Pastika berharap makin banyak masyarakat yang peduli dengan keberadaan orang miskin yang ada di Bali sebagai upaya mempercepat pengentasan kemiskinan di Bali.

Menurutnya pemberitaan di media mengenai kunjungan Gubernur ke lokasi masyarakat kurang mampu bukan karena ingin dikenal atau menjadi populer, akan tetapi untuk mengetuk hati para dermawan untuk menyisihkan sedikit rezekinya bagi masyarakat miskin. “ Saya himbau kepada seluruh masyarakat yang meiliki rezeki lebih agar memiliki hati untuk ikut ambil bagian dalam usaha pengentasan kemiskinan ini, karena kalau mengandalkan biaya dari pemerintah akan memerlukan waktu yang cukup lama,” tegasnya.

Baca Juga :
OJK Imbau Masyarakat Hati-hati Investasi Tidak Jelas

Dalam kunjungan kali ini, Ny Ayu Pastika yang juga ketua BKKKS juga memberikan bantuan berupa masing-masing 2 ekor anak babi kepada I Wayan Kawit dan Ni Made Siang, yang nantinya bisa dipelihara dan bisa dimanfaatkan untuk membantu kehidupan mereka selanjutnya.   Selain itu , Ayu pastika juga berjanji akan membawa 4 dari  anak-anak Kawit yang yang semua berjumlah 9 orang  untuk di asuh di salah satu panti asuhan yang ada di Bali guna mengurangi beban orang tua.

Sementara itu Bupati Karangasem, I Wayan Gredeg, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Pastika, atas prakarsanya bantuan bedah rumah ini bisa terlaksana. Menurutnya di Karangasem sampai saat ini masih ada sekitar 6 ribu rumah tidak layak hunin yang memerlukan bantuan bedah rumah. Angka ini sudah berkurang  dari total di tahun 2010 berjumlah 11 ribu. Senada dengan Pastika Gredeg juga berharap makin banyak warga masyarakat yang ikut berpartisipasi sehingga masalah kemiskinan yang ada di Karangasem segera bisa tertangani. Ia sendiri menargetkan angka kemiskinan yang ada di karangasem sebesar 5%, akan bisa dituntaskan dalam 3 tahun kedepan. AD-MB