Keterangan foto: Sejumlah pedagang di Pasar Timur Amlapura/MB

Karangasem, (Metrobali.com) –

Menjelang hari raya Galungan, harga sejumlah bahan pokok dipasar – pasar tradisional yang ada di Kabupaten Karangasem mulai alami peningkatan.

Seperti pantauan wartawan siang ini, Senin (13/01/2020) di Pasar Timur Amlapura, sejumlah pedagang membenarkan bahwa sejak dua minggu terakhir harga sejumlah bahan pokok mulai merangkak naik seperti beras dan beberapa jenis bumbu masakan.

“Ya hampir semuanya naik, mulai sekitar dua minggu lalu,” tutur Made Sudi salah seorang pedagang di Pasar Amlapura Timur ketika diwawancarai media ini.

Untuk harga beras dengan kualitas bagus rata – rata harganya naik dikisaran angka Rp. 1000 untuk perkilogram. Dimana dari harga awalnya Rp. 11 ribu menjadi Rp.12 ribu perkilogramnya.

Selain beras, kenaikan yang cukup signifikan terjadi pada jenis bumbu masakan seperti cabai, dimana dari harga semula berkisaran Rp. 30 ribu per kilogramnya kini merangkak naik menjadi Rp. 60 ribuan untuk satu kilogramnya.

Kenaikan harga juga terjadi bada bumbu masakan seperti Bawang merah dan Bawang putih, hanya saja kenaiknya tidak sebesar harga cabai dimana harga bawang naik dikisaran seribu rupiah perkilogramnya.

Kenaikan sejumlah bahan pokok ini juga diprediksi akan terus terjadi, disamping karena cuaca kondisi ini juga diperkirakan menjelang hari raya besar yaitu Galungan dan Kuningan yang dilanjutkan dengan hari raya Nyepi.

“Memang biasanya menjelang hari raya ini harga kebutuhan pokok akan terus merangkak naik disamping karena faktor cuaca,” ujarnya. SUAR-MB

Baca Juga :
Marzuki Alie Sarankan KPK Tangkap Koruptor Kelas Kakap di Jatim