Gianyar (Metrobali.com)-
Artis nasional Happy Salma mengaku banyak belajar dari sosok Nyai Ontosoroh, tokoh sentral dalam buku tetralogi pertama yang ditulis Pramudya Ananta Toer, Bumi Manusia. Ia terinspirasi sosok Nyai Ontosoroh untuk belajar bersikap tegas.
Nyai Ontosoroh digambarkan oleh Pram – sapaan Pramudya Ananta Toer – dalam bukunya sebagai wanita yang jelita, cerdas, dan memiliki keteguhan hati untuk menaklukkan tantangan hidup. Atas dasar itu pula Happy mengaku kagum dan ingin menyelami kehidupan Nyai Ontosoroh dalam kehidupan sehari-hari.
“Saya ini banyak belajar dari karakter Nyai Ontosoroh untuk menjadi wanita yang lebih tegas,” ujar Happy Salma, Selasa 2 Oktober 2012.Sebagai wanita bersuku Sunda, Happy Salma mengakui jika ia dididik sedemikian rupa untuk bersikap murah senyum dan selalu mengalah. Rasa sungkan terhadap seseorang pun tersemat pada perilaku perempuan Sunda.

Kendati begitu, Happy mengaku karakternya berubah drastis setelah ia ‘berkenalan’ dengan karakter Nyai Ontosoroh. Ia mengaku menjadi lebih tegas dalam mengambil sikap. Kendati begitu, Happy tak memungkiri jika ia tak setangguh Nyai Ontosoroh.
“Saya menjadi pribadi yang lebih tegas setelah berkenalan dengan karakter Nyai Ontosoroh. Namun saya tidaklah sekeras dia,” katanya sembari tertawa. BOB-MB
Baca Juga :
Program Padat Karya Infrastruktur Buka Peluang Kerja Bagi Pengangguran