Menjadi seorang guru bukan tanpa tantangan, banyak sekali hal-hal yang perlu ditaklukkan. Mulai dari karakteristik murid yang berbeda, proses pembelajaran yang berubah, sampai dengan permasalahan tak terduga saat mengajar di kelas.

Jika tantangan tersebut dibiarkan, tentunya akan menjadi masalah di kemudian hari. Maka dari itulah, sebagai seorang guru perlu sekali belajar memecahkan berbagai masalah yang terjadi. Baik itu masalah eksternal atau internal.

Khusus bagi Anda yang bermasalah dengan pembelajaran di dalam kelas, ada sebuah platform online yang bisa jadi solusinya. Namanya adalah Guru Binar. Yuk kenalan lebih dalam dan ketahui apa saja berbagai manfaat yang didapatkan.

Apa Itu Guru Binar

Guru Binar merupakan sebuah platform yang didirikan oleh Putera Sampoerna Foundation – School Development Outreach (PSF-SDO) yang bisa digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru. PSF yang telah berdiri sejak tahun 2001 memang selama ini memiliki fokus utama untuk memberikan sumbangsih pengembangan pendidikan di Tanah Air. Dan salah satu caranya dengan membuat Guru Binar ini.

Guru yang termasuk salah satu komponen penting atau bahkan utama dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, maka dari itulah harus ditingkatkan kompetensinya. Salah satu cara yang ditawarkan Guru Binar ini adalah mengadakan berbagai webinar dan berbagai pelatihan online. Tema yang ditawarkan sangat beragam.

Platform online ini sudah didirikan sejak Oktober 2020 yang awalnya memiliki nama LenteraEdu. Dan sekarang berubah menjadi Guru Binar, platform ini  makin banyak dikenal. Dari awal berdiri hingga sekarang ini, sudah banyak sekali melayani guru-guru di Indonesia yang senantiasa ingin berkembang.

Manfaat Daftar Guru Binar

Ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh Guru Binar. Salah satu yang paling utama, sangat relevan dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini. Yakni, guru bisa mengakses platform ini secara online di mana saja. Tinggal pilih jadwal webinar atau pelatihan yang sesuai dengan waktu luang yang dimiliki.

Baca Juga :
Fitra Rilis Lima Daerah Terkorup Belanja Modal : Termasuk Denpasar

Manfaat lainnya adalah Guru Binar menawarkan banyak sekali program pelatihan kelas. Ada yang berfokus pada murid, ada pula yang khusus untuk meningkatkan karir seorang guru. Jadi jika terjadi permasalahan seperti yang dipaparkan pada paragraf pembuka, tentang tantangan pembelajaran di kelas, juga bisa dapat solusinya di platform ini.

Tidak perlu khawatir, di Guru Binar akan ditangani oleh berbagai fasilitator handal yang tidak hanya mumpuni namun juga profesional. Mereka datang dari berbagai disiplin ilmu, sehingga para guru bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak, mulai dari Bahasa Inggris, Manajemen Sekolah dan Organisasi, School Leadership, Pendidikan Dasar dan Pedagogis, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, biaya selama ini menjadi salah satu kendala yang membuat orang malas untuk daftar berbagai program untuk meningkatkan kualifikasi atau kompetensi diri. Namun Guru Binar ini menawarkan biaya yang begitu terjangkau. Dengan biaya Rp 49,9 ribu saja, guru dapat memperoleh akses ke seluruh kelas pelatihan, worksheet gratis sampai dengan sertifikat.

Cara Bergabung dengan Guru Binar

Jika Anda tertarik untuk bergabung di Guru Binar, caranya sangat gampang sekali. Tinggal membuat akun di platform laman gurubinar.id, kemudian pilih pelatihan yang ingin diikuti, ikuti pelatihan, dan yang terakhir adalah mengunduh sertifikat dari webinar yang diikuti. Gampang sekali, bukan?

Menjadi seorang guru di era sekarang ini memiliki banyak tantangan tersendiri. Maka dari itulah sebagai seorang guru perlu pandai-pandai menyiasati supaya bisa menguasai kelas dan berbagai permasalahannya.