Jembrana (Metrobali.com)-

Memasuki H-2 hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah pada Kamis (13/5) akan datang, Polres Jembrana tetap memaksimalkan pemeriksaan di Pos Penyekatan.

Setiap kendaraan yang akan menuju ke Pelabuhan Gilimanuk diperiksa ketat anggota Polres Jembrana di Pos Penyekatan Terminal Negara di Desa Baluk, Kecamatan Negara.

Selain memeriksa kelengkapan surat kendaraan dan hasil rapid tes antigen atau swab negatif, petugas juga menanyakan daerah yang akan menjadi tujuan. Tidak hanya itu, petugas juga memeriksa bagasi dan bahkan membuka terpal penutup bak truk sebagai antisipasi adanya pemudik yang sembunyi.

Dari sejumlah kendaraan yang diperiksa, petugas meminta pengendara mobil fortuner yang akan pulang ke Jakarta menjenguk keluarganya yang sedang sakit untuk kembali (balik). Pasalnya pengemudi yang mengaku tinggal di Desa Perancak ini tidak bisa menunjukan hasil rapid tes antigen atau swab negatif serta surat jalan kepada petugas.

Kepada pengendara mobil fortuner, petugas kemudian memintanya untuk melengkapi atau mengurus surat-surat sesuai persyaratan, jika memang benar untuk menjenguk keluarga yang sedang sakit. Hingga Selasa sore, Pos Penyekatan di Terminal Negara nampak lengang.

Sementara itu dari data keluar masuk kendaraan dan orang di Polres Jembrana dari tanggal 1 sampai 11 Mei 2021 yakni penumpang 114.169 orang, roda dua 16.716 unit, mobil pribadi 6.617 unit, truk 19.382 unit, bus 1.125 unit atau dengan total kendaraan 43.840 unit.

Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa mengatakan pemeriksaan tetap dilakukan guna mengantisipasi adanya warga yang akan mudik dengan cara menyelundup lewat kendaraan angkutan truk.

Selanjutnya Kapolres berharap agar masyarakat tetap mentaati aturan yang ada guna mencegah penyebaran virus Covid-19. (Komang Tole)

Baca Juga :
Luhut: kondisi perekonomian nasional membaik