Foto: Ketua BPC HIPMI Karangasem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha (Gus Ode) yang juga Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Partai NasDem.

Karangasem (Metrobali.com)-

Kader-kader terbaik NasDem terus memberikan kontribusinya membangun daerahnya dan juga membangkitkan perekonomian Bali. Seperti halnya yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Partai NasDem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha yang resmi memimpin Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Karangasem masa bhakti 2021-2024.

Politisi NasDem yang akrab disapa Gus Ode itu yang juga merupakan putra mantan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri ini resmi dilantik sebagai Ketua BPC HIPMI Karangasem di Objek Wisata Taman Sukasada Ujung, Banjar Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Minggu (11/9/2022) malam.

Pengurus BPC HIPMI Karangasem masa bhakti 2021-2024 ini dilantik oleh Ketua BP HIPMI Bali Agus Pande Permana Widura. Tampak hadir pula Bupati Karangasem I Gede Dana, Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, Sekda I Ketut Sedana Merta, mantan Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri, dan mantan Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, anggota DPRD Bali Ni Putu Yuli Artini, Ketua Gapensi I Putu Subagia, Ketua IWAPI Karangasem I Gusti Ayu Biksuni, dan undangan lainnya.

“Kami di BPC HIPMI Karangasem tentu akan menyusun program kerja untuk membantu membangkitkan ekonomi daerah khususnya juga kami konsern membantu memajukan UMKM, misalnya juga bagaimana mendorong UMKM memformalkan diri, mengurus perizinan yang sebenarnya mudah,” kata Gus Ode.

Gus Ode mengungkapkan BPC HIPMI Karangasem akan mendukung penuh program pemerintah mensosialisasikan kemudahan berusaha dan mendorong UMKM untuk mengurus perizinan. UMKM didorong memformalkan usaha mereka dengan mendaftarkan diri untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang berfungsi sebagai Perizinan Tunggal dan Identitas Berusaha bagi pelaku Usaha Mikro.

Baca Juga :
Perahu Mesin dengan 15 Penumpang Hilang di Perairan Raja Ampat

Pelaku UMKM dapat membuat NIB secara online dengan mengakses layanan Online Single Submision atau OSS dengan mengunjungi laman www.oss.go.id. Dengan memiliki NIB, pelaku UMKM dapat memperoleh berbagai manfaat antara lain legalitas usaha dan kemudahan akses permodalan dari lembaga keuangan seperti Kredit Usaha Rakyat atau KUR untuk mengembangkan usahanya hingga lebih mudah mendapatkan bantuan pemerintah.

“Kami akan bisa sosialiasikan perizinan UMKM. Padahal mengurusnya mudah lewat OSS, tapi kadang-kadang banyak yang belum tahu atau mengangap perizinan itu tidak penting. Jadi kami ingin membantu menguatkan UMKM dari sisi formalitas dan legalitas usahanya, membawa UMKM naik kelas dan harapannya bisa tembus pasar ekspor,” ujar Gus Ode yang juga dikenal hobi bernyanyi, punya suara emas dan sudah menciptakan sejumlah lagu ini.

Gus Ode yang selama dikenal sebagai pengusaha ritel (pengusaha SPBU dan gas LPG) ini dipercaya memimpin HIPMI Karangasem menggantikan I Gede Arya Tangkas Mahardika yang juga putra mantan Bupati Karangasem I Wayan Geredeg. Kepemimpinan Gus Ode didukung pengurus yang solid dan totalitas untuk ikut membantu membangkitkan dan memajukan perekonomian di Karangsem khususnya juga mengajak lebih banyak anak-anak muda menjadi wirausaha atau pengusaha muda.

Wakil Ketua BPC HIPMI Karangasem dipercatakan kepada I Gusti Made Gari Mahardika, Sekretaris I Ketut Nova Arsana, Wakil Sekretaris I dan II Ni Kadek Ayu Enji Densilia dan I Gede Ardika Budi Pramana, Bendahara Ni Nyoman Yuli Adelina, Wakil Bendahara I dan II Ni Made Intan Puspasari dan I Made Wisnu Liling Jaya. (wid)