Foto: Anggota Komisi IV DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra menyerahkan bantuan paket sembako kepada Paiketan Pemangku Puja Srawa, Pura Dalem Bungkenang, Desa Adat Tonja, Sabtu (13/6/2020).

Denpasar (Metrobali.com)-

Anggota Komisi IV DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) terus bergerak menjalankan misi kemanusiaan dan kepedulian sosial, menunjukkan rasa simpati dan empati membantu meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Kali ini Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali yang akrab disapa Gus Adhi ini menyerahkan bantuan paket sembako kepada Paiketan Pemangku Puja Srawa, Pura Dalem Bungkenang, Desa Adat Tonja, Denpasar Utara, Sabtu (13/6/2020) bertepatan dengan hari suci Tumpek Wayang.

“Ini bentuk rasa kemanusiaan kami saat masa pandemi kepada para pemangku,” kata Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, lingkungan hidup, kehutanan dan kelautan ini.

Gus Adhi mengungkapkan para pemangku ini juga berkontribusi ikut dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 baik secara sekala maupun niskala.

“Jadi kami ajak para pemangku ini terus secara sekala niskala ikut membantu menangani pandemi Covid-19,” harap Gus Adhi yang juga Ketua Depidar XXI SOKSI Provinsi Bali.

Dalam kesempatan ini di Pura Dalem ini juga dilakukan upakara yadnya Penebusan Gering Lara Malaradan, secara bersama-sama mohon kepada Tuhan agar wabah Covid-19 segera berlalu.

“Saya merasa bersyukur yadnya ini bisa dilakukan. Saya juga ajak pemangku tidak henti melakukan upaya skala niskala. Setiap pagi saat melakukan Surya Sewana selipkan doa agar wabah pandemi Covid-19 segera berlalu,” papar Gus Adhi.

Ia pun menegaskan bahwa akan terus hadir di tengah masyarakat, memperjuangkan aspirasi rakyat. “Selaku wakil rakyat, saya siap diperintah rakyat,” tegas politisi Golkar asal Kerobokan, Badung ini lantas berharap semoga pandemi Covid-19 tidak berlangsung panjang.

Baca Juga :
Polisi Bantah Sebar Selebaran DPO Terduga Pembunuh Polisi di Pantai Kuta

Bendesa Adat Tonja I Made Budiasa menambahkan upakara yadnya Penebusan Gering Lara Malaradan merupakan tindak lanjut atas arahan dari PHDI kepada Bendesa. “Yadnya ini bertujuan agar gering atau musibah Covid-19 cepat berlalu,” ujar Budiasa.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas bantuan sembako yang diberikan Gus Adhi kepada para pemangku ini. “Peran pemangku ini penting sebagai tali penyambung umat, perwakilan memohon keselamatan umat kepada Tuhan,” kata Budiasa.

Jro Mangku Made Asmika selaku Jro Mangku Pemuteran Desa mengungkapkan Paiketan Pemangku Puja Srawa memiliki anggota sebanyak 80 orang pemangku gede di Desa Adat Tonja.

Keberadaan Paiketan Pemangku Puja Srawa ini bertujuan meningkatkan srada bhakti serta Wardah kegiatan sosial kemanusiaan.

“Saat ada pemangku sakit, Paiketan Pemangku Puja Srawa ini memberikan santunan, apalagi kalau ada kematian,” ujar Jro Mangku Made Asmika.

Pihaknya pun berterima kasih atas bantuan yang diberikan Gus Adhi dan kepedulian di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Bantuan ini ibaratnya di musim panas yang terik, setetes air sangat berarti, sangat berharga bagi kami para pemangku,” pungkas Jro Mangku Made Asmika.

Kepada Gus Adhi, dalam kesempatan ini Paiketan Pemangku Puja Srawa juga memohon bantuan baju seragam pemangku agar bisa digunakan saat piodalan di Khayangan Tiga.  Gus Adhi pun menyanggupi aspirasi para pemangku ini. (wid)