Denpasar (Metrobali.com)-

Peningkatan mutu produk unggulan daerah baik barang maupun jasa   sangat penting dan urgent untuk segera direalisasikan sehingga mendapatkan standar yang layak dan dapat bersaing dalam dunia global  serta  sesuai dengan tuntutan pasar internasional. Demikian terungkap saat Gubernur Bali Mangku melakukan  Penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan Kepala Badan Standarisasi Nasional tentang Pembinaan dan Pengembangan Standarisasi di Provinsi Bali bertempat di Sanur Paradise Hotel, Jumat (23/11).

Gubernur Bali Mangku Pastika dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya pembinaan dan Pengembangan Standarisasi di Provinsi Bali oleh Badan Standarisasi Nasional diharapkan dapat memberikan   motivasi kepada pemangku kepentingan  dan kalangan pengusaha Bali untuk segera meningkatkan mutu produknya serta mendorong lahirnya produk yang terstandarisasi. Sehingga meningkatkan daya saing di dalam maupun di luar negeri.

Gubernur menambahkan pada sektor pertanian,   Bali telah mengembangkan sistem pertanian terintegrasi (SIMANTRI) dalam mendukung pengembangan komoditi perkebunan seperti jambu mete dan kopi dengan menggunakan pupuk simantri yang dapat meningkatkan kualitas maupun produktivitasnya.

“ Sampai saat ini Pemerintah Provinsi Bali telah mendorong terwujudnya standarisasi dalam bidang pelayanan publik sebagai wujud komitmen good governance seperti Instansi Pelayanan di Pemprov Bali, Rumah Sakit Indera, Rumah Sakit Jiwa, UPT Samsat, UPT Metrologi, laboratorium perikanan dan sekolah berstandar internasional telah distandarisasi dengan ISO 9001 : 2008,”. ungkapnya.

Gubernur kembali menegaskan  agar intensitas dan kualitas pembinaan bagi masyarakat terus ditingkatkan guna mendorong tumbuhnya ekonomi masyarakat yang berkualitas menuju masyarakat yang lebih sejahtera.

Kegiatan penandatangan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan seminar yang diikuti sekitar 80 peserta yang terdiri dari LSM, Pengusaha Pengrajin, Akademisi dan SKPD di lingkungan Provinsi dan Kab/Kota se Bali dengan menghadirkan narasumber dari Badan Standarisasi Nasional diwakili Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standarisasi Ir. T.A.R Hanafiah, MSc dan Narasumber daerah yang dibawakan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Bali Ni Wayan  Kusumawathi, SH. GAB-MB

Baca Juga :
Nabrak Truk Parkir, Pengendara Vario Tewas