Denpasar (Metrobali.com)-

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan Purnawirawan POLRI masih sangat mungkin berkontribusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini dikatakannya ketika memberikan sambutan pada resepsi HUT Persatuan Purnawirawan (PP) POLRI ke-13 di Gedung Kertha
Sabha, Jaya Sabha, Denpasar, Jumat (6/7).
Gubernur tidak setuju jika purnawirawan POLRI disebut laskar tak berguna. “Saya langsung protes, jika ada pernyataan seperti itu,” ujarnya.
Menurutnya para purnawirawan memiliki kematangan jiwa dan kematangan emosi yang penting untuk menghadapi situasi sekarang ini. Disamping itu, pengalaman hidup yang panjang membuat mereka teruji menghadapi berbagai hal yang tidak selalu lapang, bahkan ada masa-masa sulit, imbuhnya.

“Menurut saya¬† ini modal yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
pada masa sekarang,” cetusnya. Ia juga meyakini integritas para purnawirawan terhadap Pancasila dan NKRI.
Pernyataan tersebut disepakati oleh Ketua PP POLRI Bali Nyoman Gede Suwena. Menurutnya PP POLRI Bali secara reguler memberikan masukan dan pemikiran kepada kepolisian baik di tingkat Provinsi yaitu Polda maupun Kabupaten/Kota, yaitu Polres. Ia juga mencontohkan peran Gubernur Bali yang kebetulan purnawirawan POLRI yang mampu memberikan dampak positif dengan kepemimpinannya Bali. Suwena mendorong anggota PP POLRI untuk berkontribusi dalam proses pembangunan.

Peringatan HUT PP POLRI Ke-13 ini mengangkat tema ‘Dengan Semangat Kekeluargaan PP POLRI Berupaya Memantapkan Organisasi Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga’. Serangkaian hal tersebut, PP POLRI melakukan beberapa kegiatan olah raga seperti gerak jalan santai yang diikuti Gubernur Bali dan pertandingan tenis antara PP POLRI dengan Pepabri. PP POLRI juga melaksanakan kegiatan sosial seperti mengunjungi SLB C dan bersama dengan BK3S Bali memberikan kursi roda dan tongkat kepada purnawirawan yang sakit. Pada kesempatan ini Ketua BK3S Ayu Pastika secara simbolis memberikan kursi roda kepada salah seorang anggota polisi.

Dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Bali I G Alit Putra, Ketua Bhayangkara Putera Astaman, Ketua Pepabri Bali dan Jro Bendesa MUDP Putu Suwena. IKA-MB