Klungkung ( Metrobali.com )
Tjok Bagus Oka salah satu angga Puri Agung Klungkung akhirnya mau dipinang Golkar. Peria kalem yang juga Ketua Yayasan Anacaraka tersebut akhirnya memastikan diri dan menyatakan siap diusung partai Golkar. Jawaban ini sebenarnya diberikan Tjok Bagus pada rapat internal Golkar Sabtu lalu di sekretariat Golkar Klungkung. Hadir juga saat itu Waka Sekjan DPP Golkar yang juga anggota DPR RI Gde Sumarjaya Linggih alias Demer. Selain itu hadir juga Ketua DPD Golkar Klungkung Dewa Made Widiasanida dan jajaranya.

Saat itu hampir semua PK PK Golkar mengemukakan nama Tjok Bagus agar diusung Golkar sebagai Klungkung satu. Hal itu juga diakui oleh Ketua DPD Golkar Klungkung Dewa Made Widiasanida alias Dewa Nida. “Ya itu merupakan aspirasi dari kader Golkar di bawah melalui PK PK,” ujarnya saat dihubungi pia ponselnya.

Sementara itu Tjok Bagus, saat ditemui wartawan di Puri Saren Kauh Puri Agung Klungkung membenarkan kalau dirinya telah memberikan jawaban. Putra kelima mantan Bupati Klungkung terlama dan pertama Tjokorda Anom Putra (alm) ini mengaku siap maju sebagai Klungkung Satu dari Golkar.

Jawaban ini sekaligus menjawab pinangan Golkar Klungkung yang ingin mengusung dirinya. Tjok Bagus sendiri menyerahkan sepenuhnya soal mekanisme di Golkar. Yang jelas dirinya mengaku siap mengikuti mekanisme di internal Partai berlambang Beringin tersebut. “Saya katakan siap maju…kalau memang Golkar mau mengusungnya,” ujarnya.

Tjok Bagus sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjawab pinangan Golkar. Sekitar tiga bulan lalu, Tjok Bagus di dampingi Tjokorda Raka Putra sempat bertemu atau menghadiri undangan Ketua DPD Golkar Bali Ketut Sudikerta di rumah Dewa Nida. Saat itu keduanya sempat dipaketkan Golkar untuk digadang gadang menjadi Klungkung satu dan dua. Namun Tjok Raka sendiri lama tidak memberikan jawaban. Kepada Metrobali.com ini Tjok Raka mengaku baru akan memberikan jawaban terkait tawaran Golkar tersebut Desember mendatang.

Baca Juga :
Ini Dia Pendapat Masyarakat Tentang Pilkada Klungkung

Sementara itu Tjok Bagus sendiri mengakui rentan waktu tiga bulan tersebut nyaris tidak ada komunikasi dengan Tjok Raka soal Pilkada. Dari sana dirinya berkesimpulan kalau Tjok Raka kurang sreg berpeketan dengan dirinya. Karena itu ketika ada desakan dan pinangan dari Golkar akhirnya dia menyanggupi untuk maju.

Tjok Bagus juga mengaku mendapat dukungan dari pamanya yang juga mantan Bupati Klungkung Tjokorda Gde Ngurah atau Tjok Ngurah. “Saat itu Tjok Ngurah yang juga paman saya bilang jalan saja,” ujarnya.

Sementara itu Tjok Bagus mengaku belum berkomunikasi secara resmi dengan Tjok Raka terkait keinginanya untuk maju dari Golkar. Namun demikian menurutnya Tjok Raka sudah mengetahui dan memahami hal itu. Dengan kepastian ini dirinya juga mengaku siap maju berhadap hadapan dengan angga Puri lainya termasuk dengan Tjok Raka. “Ya kami siap maju bersama sama,” ujarnya Tjok Bagus mantap.

Rencananya Tjok Bagus juga membentuk tim relawan untuk pemenangan. Tim ini nantinya akan bersinergi dengan tim pemenangan dari Golkar. “Saya berencana akan mengajak teman teman untuk bergabung sebagai relawan,” ujar pria empat putra tersebut. Selain itu dirinya juga mengaku hanya menyiapkan fisik dan mental untuk itu.

Sementara itu Dewa Nida kembali mengatakan kalau Tjok Bagus nantinya resmi akan diusung Golkar. Dengan demikian peluang Tjok Raka untuk maju lewat Golkar secara otomatis tertutup. Golkar Klungkung tetap akan melakukan survai hanya saja untuk mencari pasangan Tjok Bagus pada posisi wakil Bupati.

Ada sederetan nama nama kondang yang akan di survai yakni Ketut Janapria yang juga Sekda Klungkung, Dewa Patra yang juga Kadiskop Bali. Kedua nama tersebut adalah dari birokrat. Sementara itu ada juga nama IA Kondi Santosa dari kalangan Politisi. Sementara dari kalangan umum atau independent ada nama Nyoman Suwirta yang juga menejer Kopas Srinadi Klungkung dan Wayan Suartika yang juga mantan Kepala Cabang BPD Bali cabang Klungkung. Sementara dari internal Golkar Klungkung ada dua nama yang juga akan di survai yakni Ketua DPD Golkar Klungkung Dewa Nida dan Sekretaris DPD Golkar Klungkung Ni Luh Komang Ari Ayu Ningrum yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Klungkung. SUS-MB

Baca Juga :
UNICEF: 17 Persen Anak Albania Hidup Dalam Kemiskinan Total