Jakarta, (Metrobali.com)

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan mengajak masyarakat Indonesia untuk bersatu padu memenangkan perang melawan COVID-19, dengan menjaga perilaku hidup sehat.

 

“Dalam situasi pandemik ini semua anak bangsa bergotong royong, memberikan energi positif, dan menyatu-padukan energi positif bangsa. Melawan COVID-19 ini merupakan perang bersama, tanggung jawab bersama, dan kita bangun keyakinan bersama bahwa kita bisa mengatasi persoalan ini,” kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam siaran pers-nya, di Jakarta, Selasa.

 

Dalam situasi pandemik seperti ini, kata Hasto, lebih baik setiap anak bangsa berjuang memberikan hal yang positif daripada melakukan sesuatu yang meningkatkan rasa tertekan atau perasaan kurang aman.

 

“Rasa panik, tertekan, stres adalah awal kekalahan. Jangan biarkan virus menguasai kita,” ucap Hasto.

 

PDI Perjuangan, lanjut dia, terus mendukung kebijakan, keputusan strategis, dan tindakan pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin dalam memastikan keselamatan rakyat menghadapi pandemik COVID-19.

 

“Kerja keras seluruh jajaran pemerintah, seluruh tenaga medis, dan gotong royong seluruh komponen bangsa diapresiasi. Namun perilaku diri sendiri agar hidup sehat juga sangat penting dalam membangun imunitas tubuh,” ujar politisi asal Yogyakarta ini.

 

Menurut dia, pergerakan rakyat menjaga perilaku yang mendorong peningkatan imunitas tubuh sangat penting, seperti menjaga kesehatan mulut.

 

“Menjaga kesehatan mulut dengan tradisi sikat gigi, membersihkan rongga mulut, berkumur guna menangkal penyebaran virus, pemakaian masker secara tepat, serta peningkatan konsumsi vitamin dari bahan herbal sangat baik, dan hal tersebut tidak boleh dianggap remeh,” ujarnya.

 

Disebutkannya, penelitian terpercaya menunjukkan bahwa penyebaran virus terjadi semakin cepat karena kurangnya perilaku disiplin dalam memakai masker, jaga jarak, tinggal di rumah, jaga kebersihan, tingkatkan kesehatan mulut dan imunitas diri.

Baca Juga :
Guru besar IPB: Kesejahteraan Petani Kunci Kedaulatan Pangan

 

Seluruh diskusi publik, bahan komunikasi, dan atmosfir publik yang dibangun, tambah Hasto, seharusnya diisi oleh hal-hal yang memberikan inspirasi bagi perilaku hidup sehat, termasuk jenis makanan apa yang mampu mendorong imunitas tubuh penting menjadi bagian dari komunikasi publik.

 

“Daun Lamtoro sebagai contoh, mengandung Vitamin A sebesar 17.800 IU. Daun pepaya, wortel, kembang turi, daun talas dll kaya vitamin A dan C. Daun sirih juga penting untuk menjaga kesehatan mulut,” ujarnya.

 

Selain upaya itu, berbagai bentuk pelatihan nafas bagi kesehatan juga penting. Banyak ilmu silat nusantara yang memiliki metode efektif untuk pelatihan nafas.

 

“Dalam situasi pandemik ini, apa pun yang bisa dilakukan untuk memenangkan perang melawan virus harus dihadirkan sehingga lahirlah semangat untuk menang,” ucap Hasto.

Sumber : Antara