Foto: Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar menggelar buka puasa bersama dengan tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat untuk mempererat silaturahmi dan menjalin dialog dua arah di Warung Mina, Renon, Denpasa pada Senin (11/4/2022).

Denpasar (Metrobali.com)-

Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar terus menjalin komunikasi yang sinergis dan harmonis dengan tokoh lintas agama untuk bersama-sama merawat toleransi dan meningkatkan sumbangsih untuk menjaga kedamaian dan situasi kondusif di Pulau Dewata Bali.

Terlebih juga saat ini umat muslim tengah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan yang penuh berkah namun di sisi lain di tingkat nasional ada peningkatan situasi politik namun diharapkan di Bali situasi tetap kondusif.

Untuk itu Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar menggelar buka puasa puasa dan silaturahmi dengan tokoh lintas agama di Warung Mina, Renon, Denpasa pada Senin (11/4/2022). Acara dipimpin langsung Ketua Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar AA Ngurah Gede Widiada yang hadir bersama jajaran diantaranya Emiliana Sri Wahjuni (Sekretaris), Wayan Gatra (Bendahara), Agus Wirajaya (Anggota) dan Made Yogi Arya Dwi Putra (Anggota).

Acara dihadari tokoh lintas agama baik dari muslim, Hindu, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Budha, termasuk juga tokoh adat dan tokoh masyarakat lainnya. Mereka diantaranya Ketua Umum Ikatan Literasi Muslim Indonesia Bali Afriza Luqman, Ketua Persekutuan Gereja-Gereja dan Lembaga-Lembaga Injili Indonesia (PGLII) Bali Pdt. Petra Frid Leman. CBC., S.Th, Sekretaris Wilayah PGLII Pdt. Agus Mid. Ngagu Lewa, M.Th., Pengurus PHDI Kota Denpasar I Wayan Sudarma, Ketua Paroki Katedral Gereja Katolik Kota Denpasar RD. Herman Yoseph Babey, Perwakilan Gereja Katolik Kota Denpasar Thomas Bill dan lainnya.

“Kita ingin bertemu dengan tokoh-tokoh lintas agama, buka puasa bersama. Ingin mendapatkan masukan, sekaligus silaturahmi,” kata Ketua Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar AA Ngurah Gede Widiada.

Baca Juga :
Wabah Omicron Sydney diperkirakan capai puncaknya akhir Januari

Politisi NasDem yang akrab disapa Gung Widiada ini mengatakan melalui momentum buka puasa ini selain bersilaturahmi pihaknya ingin membangun suasana keakraban dengan tokoh lintas agama sekaligus mendoakan siutasi Indonesia dan Bali kondusif, pandemi Covid-19 segera berakhir, ekonomi segera pulih dan momentum yang baik ini jangan sampai dirusak oleh suarana hiruk pikuk politik di pusat.

“Dalam kondisi dan eskalasi politik yang meningkat di pusat semoga tidak merembet di Bali. Yang punya peran sosial kemasyarakatan dan peran kultural seperti tokoh umat, tokoh agama, tokoh adat di Bali kita harapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk terus menjaga toleransi, kedamaian, tidak terjebak isu SARA, hoaks dan sebagainya,” kata Anggota Komisi IV DPRD Kota Denpasar yang juga Panglingsir Puri Peguyangan Denpasar ini.

Dalam kesempatan ini Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar juga menyerap aspirasi dan mendengarkan keluhan atas berbagai persoalan yang ada. Misalnya menyangkut persoalan kekurangan atau minimnya guru agama hingga persoalan jelang PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) yang akan segera bergulir.

“Sebagai Dewan Kota kami ingin mendapatkan masukan-masukan, apa yang perlu kita sampaikan kepada pemerintah baik berkaitan dengan kebijakan anggaran, kebijakan publik dan pelayanan publik. Kami tangkap ada persoalan lama dan persoalan baru,” ujar Gung Widiada

“Kami Fraksi NasDem-PSI sepakat komunikasikan hal-hal yang belum terpenuhi, mulai dari guru agama yang masih banyak yang kurang, sistem zonasi PPDB yang tidak memberikan kepuasan menyeluruh. Termasuk pemerintah harus cepat responsif dengan persoalan kelangkaan minyak goreng dan menangani hoaks,” pungkas Gung Widiada.

Sementara itu Sekretaris Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar Emiliana Sri Wahjuni mengatakan pihaknya memang ingin membuka ruang dialog dua arah dan silaturahmi dengan tokoh lintas agama termasuk tokoh pemuda. Momentum buka puasa bersama ini juga untuk menguatkan kebersamaan dan kepedulian terhadap berbagai persoalan yang ada di Kota Denpasar.

Baca Juga :
Astaga!!... Anak Anggota Dewan Klungkung Terlibat Kasus Bansos

“Kita tunjukkan kita peduli, Denpasar Kotaku Rumahku harus dijaga bersama-sama. Mari kita bergandengan tangan, tidak hanya buka pintu hati tapi buka mindset,” kata srikandi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang bertugas di Komisi IV DPRD Kota Denpasar ini.

Bendahara Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar Wayan Gatra menegaskan kebersamaan yang kuat terus dibutuhkan untuk bisa melewati masa-masa berat ujian pandemi Covid-19 ini. Pihaknya sebagai wakil rakyat tentu terus peduli dan berbagi rasa dengan warga serta terus memperjuangkan aspirasi sebagai penyambung lidah rakyat.

“Kami walaupun Fraksi kecil tapi kami tetap ingin memberikan masukan-masukan besar dan memperjuangkan apsirasi masyarakat, kami berbaur turun di masyarakat terlebih kondisi pandemi belum berakhir,” kata politisi NasDem yang merupakan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Denpasar ini.

Hal senada disampaikan Anggota Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar Agus Wirajaya dan Made Yogi Arya Dwi Putra yang berharap ada peran aktif semua pihak bersama-sama menjaga situasi kondusif dan menjaga kerukunan serta menjaga Bali sebagai pulau yang penuh toleransi tinggi dan menjadi minatur Indonesia. (dan)