Foto: Acara Abirama Darmalaksana di Desa Taro, Tegallalang, Kabupaten Gianyar.

Gianyar (Metrobali.com)-

Minggu 20 Mret 2022, FMIPA Universitas Udayana mengadakan dengan mengangkat tema  “ABIRAMA DARMALAKSANA” yang bermakna menyelaraskan cita untuk berbuat kebjikan terhadap sesama demi kesejahtraan Bersama. Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Desa Taro, Tegallalang, Kabupaten Gianyar ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Desa Taro dalam memanfaatkan teknologi baik dalam bidang pariwisata maupun bidang pendidikan sehingga diharapkan mampu membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Desa Taro yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup warga masyarakat desa Taro.

Seperti diketahui Desa Taro merupakan salah satu desa tua di Bali dengan keindahan alam dan tradisi yang masih utuh. Desa Taro juga merupakan salah satu Desa Wisata yang mendapat predikat Desa Wisata Maju oleh kemenparekraf. Namun pembelajaran yang berkesinambungan baik tentang pariwisata, teknologi pendukung pariwisata, dan pendidikan generasi muda tentunya merupakan kaharusan di era yang bergerak dengan sangat dinamis dan berlari-lari. Tidak dapat dipungkiri masyarakat saat ini sudah sangat akrab dengan gadget atau smartphone, komputer, maupun internet, hampir setiap orang yang kita temui menggenggam gadget baik  tidak hanya untuk melakukan komunikasi, hiburan, namun masih banyak hal yang bisa dilakukan dan dioptimalkan oleh perangkat ini.

Adanya pandemi covid-19 yang berimbas pada berbagai aspek seperti penurunan kunjungan wisatawan, meningkatnya jumlah pengangguran, serta terjadinya kesulitan belajar bagi anak-anak SD, SMP, SMA karena diterapkannya pemebelajaran online yang notabanenya belum familiar bagi sebagia besar siswa, menyebabkan BEM FMIPA memandang perlunya neningkatkan kesadaran tentang teknologi informasi dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring yang nantinya diharapkan mampu memberikan dampak dan manfaat peningkatan kualitas sumber daya manusia yang bermuara pada efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran di sekolah dan pariwisata.

Baca Juga :
Desa Wisata Penglipuran masuk paket kunjungan wisata delegasi GPDRR

Dalam sambutannya WD3 FMIPA Prof. Ni Nyoman Rupiasih, S.si, Msi, Ph.D. menyampaikan Era pandemi memaksa kita melakukan adaptasi di berbagai aspek terutama di bidang teknologi informasi, Rupiasih mengucapkan terima kasih kepada kepala Desa Taro dan warga Desa Taro yang sudah bersedia menerima mahasiswa FMIPA dalam mengembangkan kepeduliannya untuk memberikan solusi permasalahan di masyarakat, semoga apa yang disampaikan nantinya dapat memberikan solusi praktis terhadap permasalahan di lapangan. Rupiasih juga menyampaikan apresiasinya kepada adik-adik mahasiswa yang sudah tergerak dan peduli dalam memberikan sumbangsih pemberdayaan masyarakat. Kegiatan-kegiatan seperti ini sangatlah dibutuhkan, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa tentunya merupakan motor penggerak pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Selanjutnya Kepala Desa Taro menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian mahasiswa FMIPA UNUD dalam menjawab permasalahan yang terjadi di masyarakat. Meskipun Desa Taro adalah desa wisata yang notabanenya sudah sering mendapatkan pelatihan-pelatihan, namun keberlanjutan pelatihan sangatlah diperlukan tidak hanya di masa pandemi, tapi di masa lainnya juga. Diharapkan pemanfaatan sosial media untuk pembelajaran dan pariwisata mampu menjawab permasalahan di masyarakat dan tentunya mampu meningkatkan kreatifitas warga desa taro yang bermuara pada masyarakat Desa Taro dapat keluar dari rongrongan pandemi.

Dalam Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan dengan prokes ketat di Bale Wantilan Pura Agung Gunung Raung Desa Taro ini dihadiri oleh WD3 FMIPA, Kepala Desa Taro, masyarakat, Seke Truna Truni (STT), serta pelajar. Sebagai pembicara BEM FMIPA UNUD mengundang relawan dari SIC (student Inovation Center) dari program studi Informatika untuk membawakan materi tentang Penggunaan Teknologi dalam Pemblajaran Secara Daring, serta Ida Bagus Made Mahendra, S.Kom., M.Kom dosen program studi informatika dan juga merupakan salah satu praktisi di bidang teknologi informasi tentang Manajemen Sosial Media dan Digital Marketing.

Baca Juga :
PDIP Gelar Malam Budaya Jelang Pembukaan Kongres

Acara yang juga diisi dengan permainan-permainan menarik ini diakhiri dengan sesi foto bersama. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas731–ABIRAMA-DARMALAKSANA.html