FKP Unud Berikan Kabar Gembira Peluang MBKM, Dari Pertukaran Luar Negeri Hingga Mengajar ke Pelosok

single-image

Foto: Suasana Sosialisasi MBKM yang diadakan secara hybrid di Ruang Sidang FKP pada hari Kamis, 13 Januari 2022.

Denpasar (Metrobali.com)-

Demi memberikan peluang mahasiswa untuk mengembangkankan diri sesuai minat dan bakatnya, Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana secara serius menyiapkan kurikulum yang memudahkan mahasiswa untuk mengikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Hal ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana Prof. I Wayan Nuarsa dalam Sosialisasi MBKM yang diadakan secara hybrid di Ruang Sidang FKP pada hari Kamis, 13 Januari 2022.

Dalam acara yang dihadiri lebih dari 200 mahasiswa secara daring tersebut, materi disampaikan secara langsung oleh I Ketut Sardiana yang merupakan Pokja MBKM Universitas Udayana.

Dalam paparannya disampaikan program MBKM saat ini ditawarkan dalam berbagai program yang dapat dikelompokkan 8 kelompok besar. Beberapa diantaranya adalah program pertukaran keluar negeri yang dibiayai oleh kemendikbudristek dengan biaya yang dibayarkan penuh termasuk biaya hidup.

Terdapat juga program-program magang yang bisa dilakukan pada perusahaan-perusahaan besar seperti Google dan Shopee, juga di pemerintahan seperti kementerian hingga pemerintahan provinsi Bali.

Selain itu, mahasiswa juga bisa mengikuti program-program sosial seperti yang ditawarkan kementerian sosial, juga kegiatan mengajar ke sekolah-sekolah di pelosok. Bagi mahasiswa yang punya minat pada dunia wirausaha, mereka juga dapat mengikuti berbagai kegiatan wirausaha yang dapat diklaim sebagai sks. Belum lagi 1.000 lebih program penelitian bagi mereka yang tertarik dalam dunia riset.

Namun sayangnya, begitu banyaknya program yang sudah ditawarkan ini, masih sedikit mahasiswa Universitas Udayana, khususnya Fakultas Kelautan dan Perikanan yang mengambil kesempatan ini.

Hal ini tentu disayangkan, Wakil Dekan I, I Gede Hendrawan menyampaikan “kami berharap di tahun ini setidaknya ada 30 persen mahasiswa kami yang mengikuti program MBKM ini,” harapnya. (Sumber: http://www.unud.ac.id) (rls).

Bagikan :
Baca Juga :
Pemkab Badung Bentuk Tim Penanganan Penyakit Babi

Leave a Comment

Your email address will not be published.