Foto: Kegiatan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Udayana (UNUD) yang kelas umum pada Rabu (16/03) secara daring.

Denpasar (Metrobali.com)-

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Udayana (UNUD) menyelenggarakan kelas umum pada Rabu (16/03) secara daring. Tema yang diangkat pada kelas umum ini adalah “Why Modern Media Are Attractive For Young People?”

“Kuliah ini adalah kali keduanya Universitas Udayana bekerjasama dengan kantor berita Russia Sputnik. Ini juga menunjukan walaupun terjadi ketegangan di Eropa Timur antara Russia dan Ukraina tetapi tidak juga mengendurkan semangat untuk berbagi dan belajar mengenai bagaimana peran media dalam kehidupan . Harapan saya acara ini akan tetap berlanjut terus dan ini adalah kebanggan bagi FISIP untuk tetap bekerjasama dengan Sputnik” jelas  Ni Made Ras Amanda selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana.

Kelas umum tersebut dibahas dengan sangat mendalam bersama pembicara yang sudah mahir dibidangnya yakni Mr. Oleg Dmitriev (Advisor at Rossiya Segodya. PhD (Philology), Professor at the School of Media, Higher School of Economics) dalam bentuk pemaparan materi dan sesi tanya jawab. Kelas online tersebut diikuti oleh sekitar 150 peserta yang didominasi oleh civitas akademika Universitas Udayana dari prodi Ilmu Komunikasi.

“Dalam menulis berita dengan topik bahasan yang cukup sensitif, seorang jurnalis harus mampu memastikan kembali sumber berita, perkembangan terbaru dari peristiwa serta memperhatikan peraturan yang berlaku di daerah terakit. Hindarilah untuk melakukan tindakan plagiat dalam membuat berita” ujar Mr. Oleg Dmitriev. Beliau juga menambahkan kepada seluruh pembaca berita untuk tetap melihat suatu informasi melalui banyak sumber agar tidak cepat termakan berita bohong/ hoax yang tersebar di media.

Baca Juga :
Marak Balap Motor Liar Di Buleleng, 16 Pemotor Diciduk Polsek Singaraja

Mr. Oleg Dmitriev juga menjelaskan bahwa ada beberapa tips yang dapat diterapkan dalam membuat berita yang menarik perhatian pembacanya, diantaranya ialah mengetahui target audiensi, memilih jenis topik berita yang menarik untuk dibaca.

Tujuan diselenggarakannya kelas umum ini adalah untuk memberikan berbagai informasi yang bermanfaat mengenai kondisi media dan berita saat ini. Diharapkan dengan adanya kelas online ini para peserta dapat mencermati dan memastikan keaslian dari berbagai isi berita yang tersebar di media. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas694-Kegiatan-Online-Lecture-with-Mr-Oleg-Dmitirev-and-Sputnik-2022-Fakultas-Ilmu-Sosial-dan-Ilmu-Politik-Universitas-Udayana-Why-Modern-Media-Are-Attractive-For-Young-People-.html