f611cc93-6e15-432a-81d1-a263292d8c6fKuta (Metrobali.com)-

Melaspas yang dalam Bahasa Bali berarti Mlas melepas dan Pas yakni cocok, memiliki makna menyatukan unsur-unsur yang ada dalam sebuah bangunan (kayu, tanah, bata, batu) terbentuk bangunan yang layak (Pas) untuk ditempati. Agar bangunan tersebut layak untuk dihuni, maka diperlukan sebuah upacara pembersihan dan penyucian bangunan baru secara niskala sebelum digunakan atau ditempati yang bertujuan untuk menciptakan ketenangan dan kedamaian bagi anggota keluarga yang tinggal serta terhindar dari hal-hal yang tidak diiginkan. Jika sebuah bangunan telah bersih dan suci, bangunan tersebut dipercaya dapat menjadi sebuah pelinggih, yakni tempat dimana Hyang Widhi berkenan untuk bersemayam.

3ca332cc-f1b9-4f2f-88ae-13a37a185be1Demikian halnya dengan yang telah dilakukan oleh Fame Hotel Sunset Road, Kuta-Bali. Tanggal 15 Oktober 2016 kemarin, hotel yang memiliki konsep film dan musik ini telah melakukan tradisi ritual Melaspas guna membersihkan energi negatif sebelum nantinya resmi dibuka pada Desember 2016 nanti. Ritual Melaspas yang di pimpin oleh Pedanda Mangku Nyoman Radu ini berlangsung mulai pukul 15:00 WITA sampai pukul 17:00 WITA.

Ritual diawali dengan Ngayaban Caru yang bertujuan untuk mengusir dan mengembalikan roh-roh yang sudah ada sebelumnya ke tempat asalnya serta menghadirkan Dewa Ghana yang diyakini sebagai sosok dewa perang.  Diakhiri  dengan Ngayaban Pamlaspas, yakni memanjatkan doa pada semua kelengkapan sesajian yang akan diletakkan di pura dan plangkiran di sekitar area hotel.

Dalam penjelasannya, Mangku Nyoman Radu menekankan pentingnya melakukan ritual Melaspas bagi seluruh pengguna bangunan di Bali khususnya, “..dengan adanya Tuhan atau Hyang Widhi yang bersemayam di tempat tersebut, niscaya segala aktifitas yang terjadi pada akhirnya akan selalu mendatangkan rejeki yang berlimpah” tukasnya. Dari keseluruhan ritual ini, Mangku Nyoman Radu berharap setelah segala proses Melaspas dilalui, energi positif yang sudah dihadirkan di Fame Hotel Sunset Road Kuta-Bali ini dapat dimanivestasikan di tamu yang menginap, “Saat mereka berada di Fame Hotel, mereka akan merasa nyaman dan tidak merasa seperti di sebuah bangunan hotel tapi berada di rumah mereka sendiri dan tidak kalah penting, melaspas ini juga mampu menjauhkan segala niat buruk dari lingkungan sekitar “tambahnya. Dengan berakhirnya ritual Melaspas, menandakan bahwa Fame Hotel Sunset Road Kuta-Bali telah siap memberikan layanan yang terbaik bagi pengguna hotel di Bali serta mampu memberikan inovasi dalam hospitality services yang diharapkan mampu menginspirasi hospitality industries, di Bali bahkan Asia Pasifik. RED-MB 

Baca Juga :
Bupati Suwirta Membuka Pembekalan Penciptaan Wirausaha Baru Kegiatan Pemberdayaan Tenaga Kerja Disabilitas Produktif bagi Kelompok Cooking dan SPA