Jakarta (Detiknes.com)-

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melansir hasil survei terbarunya. Dalam survei itu, elektabilitas Partai Demokrat (PD) kian melorot, yakni di bawah Partai Golkar dan PDI Perjuangan.

Dalam survei yang digelar LSI tanggal 21 Januari-22 Februari 2012 ini, elektabilitas PD hanya mencapai 13,7 persen. Partai berlambang bintang mercy ini berada di urutan 3, di bawah Golkar yang berada di urutan 1 dengan suara 18,9 persen dan PDI Perjuangan di urutan 2 dengan suara 14,2 persen.

“Untuk pertama kalinya sejak tahun 2009, Demokrat terpuruk ke ranking ketiga,” kata Peneliti Senior LSI, Barkah Pattimahu, saat menggelar konferensi pers di kantornya, Jl Pemuda, Rawamangun, Jakarta, Minggu (5/2/2012).

Menurut Barkah, hasil survei ini seharusnya membuat Demorat lebih waspada. Apalagi, jarak perolehan suara antara Golkar dan Demokrat telah mencapi 5 persen.

“Jika Demokrat terlambat melakukan pembenahan, maka Demokrat akan menjadi partai papan tengah saja,” kata Barkah.

Hasil survei ini adalah hasil survei kedua LSI yang menunjukkan bahwa posisi PD sebagai partai nomor satu sudah tergeser. Pada survei LSI bulan Juni 2011 lalu, Golkar telah menggeser posisi PD di urutan pertama. Namun saat itu, Golkar dan PD hanya terpaut 3 persen.

Survei LSI untuk Januari-Februari 2012 ini melibatkan 1.200 responden. Survei dilakukan di 33 provinsi yang ada di Indonesia. Margin error survei ini adalah 2,9 persen.

Baca Juga :
Pandemi Covid-19, Pendekatan Manajemen Krisis