Foto: Acara Re-Akreditasi Program Studi Spesialis Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Denpasar (Metrobali.com)-

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan serta layanan, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Re-Akreditasi Program Studi Spesialis Ilmu Penyakit Dalam.

Bertempat di ruang Dr A A Made Djelantik, Assessment Lapangan oleh LAM-PTKes diselenggarakan pada tanggal 23 dan 24 Maret 2022 dengan 2 orang Asesor yaitu :

  1. Dr. dr. Mohammad Rizki Akbar, M.Kes, SpJP(K)., FIHA., FAsCC (Assesor 1)
  2. dr. Aditiawati, SpA(K) (Assesor 2)

Acara diawali dengan sambutan dari Dekan FK Unud,Dr.dr.Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes dan dibuka langsung oleh Rektor Unud,Prof.Dr.Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU

Dekan FK Unud dalam sambutannya menyampaikan jumlah guru besar di Program Studi Spesialis Ilmu Penyakit Dalam adalah yang terbanyak di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Upaya mendukung visi misi prodi, sistem penjaminan mutu sangatlah penting guna memastikan standar yang berlaku telah terlaksana dengan baik.

Penjaminan mutu dari pihak eksternal diharapkan dapat memberikan potret yang lebih objektif sehingga bisa memberikan masukan sebagai panduan untuk melakukan upaya perbaikan di program studi.

“Akreditasi bisa memicu kita untuk mengembangkan budaya mutu yang berkesinambungan guna menjamin kualitas lulusan yang dihasilkan. Mudah-mudahan dengan upaya bersama ini, kita bisa meningkatkan proses pembelajaran untuk mencapai visi misi yang sudah ditetapkan.” imbuh Dr.Januartha.

Sementara Rektor Unud mengatakan dari 118 program studi di Universitas Udayana, 33 diantaranya ada di Fakultas Kedokteran Unud. Universitas akan mendorong program studi di Fakultas Kedokteran untuk dikembangkan lebih lanjut.

Beberapa program studi akan segera diarahkan menjadi akreditasi internasional dan sebentar lagi Fakultas Kedokteran juga akan memiliki program studi baru yaitu spesialis gizi klinis.

Baca Juga :
Kadek Doni Riana Dengan Tagline KTPku untuk KDR, Apresiasi Masyarakat Taat Protokol Kesehatan

“Harapannya akreditasi hari ini akan berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil terbaik sesuai yang diharapkan.” ucap Prof.Antara

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Direktur Utama RSUP Sanglah, Direktur Utama RS Unud Ketua LP3M Unud, Ketua USDI, Ketua Perpustakaan Unud, Para Wakil Dekan FK Unud, Para Ketua Departemen, Para Koordinator Program Studi, Para Koordinator Unit, dan seluruh Tim Task Force Akreditasi.

Agenda assessment hari ini adalah ;

  1. Pertemuan Tim Asesor dengan pimpinan Unit Pengelola Program Studi, dan Wahana Praktik
  2. Presentasi dan klarifikasi oleh pimpinan Unit Pengelola Program Studi
  3. Diskusi Tim Asesor dengan pimpinan Unit Pengelola Program Studi
  4. Wawancara dan asesmen terhadap kecukupan dosen yang mengajar pada program studi.
  5. Wawancara dan asesmen terhadap kecukupan tenaga kependidikan tentang pelayanan akademik dan non-akademik.
  6. Wawancara dan asesmen dengan mahasiswa yang mewakili semua mahasiswa dari setiap angkatan tentang pelayanan akademik dan non-akademik.
  7. Kunjungan ke skill lab, laboratorium, sarana prasarana, wahana satelit dan RS Jejaring. (rls)

Sumber: http://www.unud.ac.id