Foto: Program #PSIngewarung siap membantu pemulihan ekonomi Bali.

Denpasar (Metrobali.com)-

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (DPW PSI) Provinsi Bali, Jumat (11/6/2021) meluncurkan program #PSIngewarung. Program pro rakyat ini sebagai bentuk kepedulian PSI membantu memulihkan perekonomian masyarakat Bali dengan cara berbelanja di warung-warung/UMKM milik masyarakat kecil alias ngewarung hingga membantu memasarkan produk dari warung-warung milik warga.

Ketua DPW PSI Bali I Nengah Yasa Adi Susanto mengungkapkan kader PSI Bali juga akan menjadi brand ambassador usaha masyarakat (UMKM) di sekitar dengan memasarkan usaha kecil warga yang ada di sekitarnya di media sosial (medsos) lewat program #PSIngewarung yang akan dilaksanakan mulai 11 Juni 2021 sampai dengan 31 Desember 2021.

Dalam peluncuran program #PSIngewarung yang juga diisi zoom meeting dengan seluruh pengurus, kader dan anggota legislatif PSI di Bali ini, DPW PSI Bali menginstruksikan kepada seluruh jajaran pengurus DPW, DPD, DPC, DPRT PSI di wilayah Provinsi Bali melaksanakan program #PSIngewarung ini.

Seluruh kader dan pengurus PSI di Bali dapat mengajak anggota dan simpatisan di daerah masing- masing untuk ikut melaksanakan program ini. Karenanya DPW PSI Bali menginstruksikan kepada pengurus DPD masing-masing Kabupaten/Kota untuk mengkoordinasikan serta bertanggung jawab dalam menyukseskan program ini di daerahnya masing-masing.

Dukung Kuatkan Usaha Mikro

Adi Susanto menerangkan latar belakang lahirnya program #PSIngewarung ini. Dikatakan wabah COVID-19 yang sudah berlangsung lebih dari setahun ini berdampak bagi siapa saja tanpa terkecuali, terlebih di Bali yang selama ini sendi kehidupan perekonomian masyarakat sebagian besar berasal dari sektor pariwisata, baik itu dagang maupun jasa.

Namun di sisi lain, dampak yang bisa dibilang positif adalah menggeliatnya sektor mikro di mana warga berusaha menghasilkan lewat berjualan baik itu berupa toko kelontong, jualan keliling dengan sepeda motor, jualan bermobil di pinggir jalan, maupun membuka warung.

Baca Juga :
Warga Busungbiu Buleleng laksanakan Nyepi Desa dan "Nyakan Diwang"

“Sebagai warga masyarakat, tentu saja kita ingin kondisi ini tak berlangsung lama, kita ingin bangkit bersama dan pulihnya perekonomian masyarakat akan berdampak juga pada perekonomian Bali,” tutur Adi Susanto.

“Kita tidak bisa menunggu pariwisata di buka, kita juga mungkin tidak bisa berkontribusi dalam jumlah yang besar namun hal kecil yang dilakukan masif dan serempak baik secara sendiri-sendiri maupun berkelompok tentu akan memberikan dampak yang baik,” tegas politisi yang akrab disapa Jro Ong ini.

Jadi Brand Ambassador UMKM

Untuk itu sebagai warga masyarakat Bali, sebagai kader PSI yang mendukung pemulihan perekonomian Bali dan Kabupaten/Kota masing-masing, tentu selurus keluarga besar PSI Bali harus melakukan upaya dan terlibat aktif dalam membangkitkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan kebiasaan berbelanja yang ditambahkan kekuatan besar PSI di media sosial.

“Hampir setiap hari kita berbelanja mulai dari kebutuhan rumah tangga maupun makanan, baik itu makanan berat atau cemilan. Kita manfaatkan kebiasaan ini untuk membantu masyarakat di sekitar kita, berbelanja, memasarkan, sekaligus dengan nilai tambah meningkatkan image PSI di mata masyarakat. Kita kader PSI Bali menjadi brand ambassador usaha masyarakat di sekitar dengan memasarkan usaha kecil warga yang ada di sekitar kita lewat program #PSIngewarung,” papar Adi Susanto.

Cara Sederhana, Tujuan Mulia

Kegiatan sederhana ini dapat dilakukan dengan mudah hampir setiap hari oleh seluruh kader tanpa membutuhkan biaya besar namun bila dilakukan banyak orang dan dengan konsistensi maka akan memberi dampak yang baik bagi masyarakat maupun PSI. Selain itu kegiatan ini memberikan kesempatan kader PSI untuk berpartisipasi dalam membesarkan partai dengan cara sederhana dan mudah.

Program #PSIngewarung ini mengusung misi dan tujuan mulia. Pertama, untuk membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar dengan cara paling sederhana yang bisa dilakukan kader selaku warga masyarakat.

Baca Juga :
PAN BALI Dorong Rajasa Selamatkan Partai

Kedua, sebagai bentuk keterlibatan semua kader PSI Bali dalam program ini untuk menumbuhkan perekonomian rakyat, menumbuhkan rasa memiliki dan ikut menyukseskan program DPW PSI Bali. Ketiga program ini juga menjaga eksistensi PSI di masyarakat dan media sosial.

“Kesuksesan program ini sangat bergantung pada partisipasi kader PSI se-Bali. Untuk itu DPW PSI Bali meminta seluruh kader melaksanakan program ini semaksimal mungkin. Gunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan PSI, diri Bro dan Sis sendiri sekaligus membantu masyarakat,” pesan Adi Susanto kepada seluruh jajaran kader dan pengurus PSI se-Bali. (wid)