Mangupura (Metrobali.com)-

DPRD Badung, Kamis (13/6/2024) menerima kunjungan Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Magelang, Jawa Tengah. Rombongan juga menyertakan puluhan wartawan dari berbagai media baik cetak, elektronik maupun media online. Rombongan diterima Kabag Hukum dan Risalah AA Raka Arnawa didampingi perwakilan wartawan N. Sarmawa.

Ketua Rombongan yang juga Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno mengungkapkan, studi banding yang dilakukan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan. “Studi komparasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan menambah wawasan terkait pemanfaatan media massa dalam pelaksanaan fungsi DPRD yang efektif dan modern,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, dia memaparkan anggota rombongan studi komparasi ke DPRD Badung. Pimpinan dan anggota DPRD Kota Magelang sebanyak 25 orang, wartawan 16 orang dan pendamping 7 orang. “Anggota rombongan berjumlah 48 orang,” ujarnya sembari mengucapkan terima kasih atas penerimaan di DPRD Badung.

Dalam sambutannya, AA Raka Arnawa mengucapkan selamat datang di DPRD Badung kepada rombongan DPRD Kota Magelang. Selanjutnya, Raka Arnawa juga memaparkan sepintas terkait potensi Kabupaten Badung yang mengandalkan sektor pariwisata untuk pendapatan asli daerah (PAD). “PAD kami mayoritas dari sektor pariwisata khususnya pajak hotel dan restoran (PHR),” tegasnya.

Khusus untuk kerja sama media, Raka Arnawa memastikan sudah terjalin sejak lama. Hal ini didasari media merupakan corong dalam menyampaikan kegiatan-kegiatan maupun program yang ada di DPRD Badung. “Tanpa kehadiran media, dipastikan semua kegiatan takkan diketahui masyarakat,” tegasnya.

Saat ini, tegasnya, DPRD Badung bekerja sama dengan 25 media online, 10 media cetak, serta media elektronik. “Pada tahun 2024 ini, alokasi anggaran yang dikelola Humas dan Protokol DPRD Kabupaten Badung sekitar Rp 6 miliar,” tegasnya.

Selain untuk biaya publikasi kegiatan serta iklan-iklan ucapan, anggaran ini juga digunakan untuk melakukan studi komparasi ke luar daerah. “Setiap tahun kami bersama wartawan menggelar dua kali kunjungan ke luar daerah,” ujarnya.