Buleleng (Metrobali.com)-

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng mengadakan giat gotong royong Program Kali Bersih (Prokasih) di sungai Buwus, di Jalan Pulau Buton Gang Ceroring, Banyuning Utara, Singaraja, pada Jumat, (22/4).

Hal itu dilakukan, guna menjaga keberlangsungan sungai sesuai dengan fungsi dan peruntukannya, sehingga terbebas dari bahaya banjir.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Buleleng Gede Melandrat disela-sela kegiatannya.

Menurutnya kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Buleleng Nomor: 660/123/HK/2022 tentang Tim Pembina Program Kali Bersih Kabupaten Buleleng Tahun 2022 yang salah satu kegiatannya adalah gotong royong kebersihan sungai.

“Kegiatan kali ini dilakukan dengan pembagian 2 zona yaitu zona pertama bertempat di sebelah utara jembatan gang Ceroring, dan zona kedua bertempat di sebelah selatan jembatan gang Ceroring.” jelasnya.

Melandrat juga menyampaikan dalam pelaksanaannya ingin memastikan bahwa aliran air sungai tidak terhambat ranting pohon, khususnya ranting pohon bambu dan menyasar sampah plastik yang banyak ditemui di sekitar wilayah sungai.

“Target yang telah dicapai dalam pelaksanaan gotong royong, baru sepanjang 300 meter.” ucap Melandrat

Lebih lanjut ia mengatakan agenda dari kegiatan pembersihan yang menyasar sungai, akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah disusun setiap minggunya dengan tahapan – tahapan pelaksanaan.

“Tentu saja dengan pencapaian gotong royong yang kita lakukan pada hari ini, kita memastikan aliran sungai agar tidak terhambat. Dan untuk pelaksanaan selanjutnya agendanya setiap minggu, ” jelasnya.

Melandrat juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini, OPD di pemerintahan Kabupaten Buleleng dengan unsur dari TNI/Polri serta aparat desa dan masyarakat senantiasa bersinergi dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih secara berkesinambungan.

“Kita menghimbau kepada warga Buleleng, khususnya warga Banyuning yang berada pada area sekitar sungai, agar tetap menjaga kebersihan dan juga menghimbau warga agar tidak sembarangan membuang sampah ke sungai.” pungkasnya.

Baca Juga :
Messi Tak Akan Diturunkan di Laga Pembuka Lawan Bilbao

 

Pewarta : Gus Sadarsana