Jembrana (Metrobali.com)

Pandemi Covid-19 ternyata bukan menjadi halangan untuk meraih prestasi. Dua siswa SD di Kabupaten Jembrana berhasil lolos ke tingkat nasional mengikuti Kompetisi Sains Nasional – Sekolah Dasar (KSN-SD) tahun 2020. Kedua siswa SD ini yakni, Satria Nugraha Darma Suta dan Kadek Putri Alicia Dwita Maharani. Keduanya merupakan siswa kelas VI (enam) dari SDK Marsudirini, Jembrana.

Putra dan putri pasangan I Nyoman Sudarma Wiryawan, S.T dan Ni Nyoman Rahayu Listya Dewi, S.T asal Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana ini memang tergolong anak yang pintar di kelasnya. Bahkan keduanya langganan juara dalam ajang lomba sejenis di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

Satria Nugraha Darma Suta, sejak duduk di kelas III SD, telah berturut-turut menyandang juara lomba matematika dan tercatat sebagai peraih Medali Perak dalam lomba matematika kelas V se Jawa, Madura dan Nusa Tenggara yang diselenggarakan tanggal 15 Desember 2019.

Ia juga peraih Medali Perak Tingkat SD/Mi Level III, dalam ajang olimpiade Matematika SD/Mi, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA se Jawa – Bali yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang. Tidak hanya itu, ia juga mencatatkan namanya pada berbagai event bergensi tingkat nasional hingga internasional, diantaranya sebagai Juara 2 Babak Penyisihan Kompetisi Matematika Nalaria Realistik se-Indonesia ke 14, meraih predikat Gold Award dalam ajang Thailand International Mathematical Olympiad tahun 2019, Gold Award dalam ajang Asia International Mathematical Olympiad Trial Round 2018 Indonesia, Gold Award dalam ajang HKIMO (Hong Kong International Mathematical Olympiad Heat Round 2019) serta sederet prestasi lainnya dalam bidang matematika.

Demikian halnya dengan adiknya Kadek Putri Alicia Dwita Maharani. Ia juga memiliki prestasi yang tidak jauh berbeda dengan sang kakak. Semenjak duduk di bangku kelas III SD, ia sudah langganan juara diantaranya Juara 1 dalam ajang babak penyisihan Primagama Mencari Juara MIPA 2017, Juara 1 Lomba matematika Elite Competition 2018, meraih Gold Award dalam ajang TIMO (Thailand International Mathematical Olympiad, Gold Award Asia International Mathematical Trial Round 2018 Indonesia, Silver Award dalam ajang HKIMO (Hong Kong International Mathematical Olympiad 2018), Bronze Award dalam ajang ISMIC (International Singapore Maths Competition 2019) dan masih ada sederet prestasi tingkat nasional yang telah berhasil diraihnya.

Baca Juga :
Membangun dengan Hati Ala Jokowi

Kapala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Jembrana, Ni Nengah Wartini melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), I Nyoman Wenten mengatakan kedua siswa berprestasi ini lolos ke tingkat nasional setelah lolos seleksi KSN-SD tingkat Provinsi Bali yang diselenggarakan mulai dari tanggal 7 Sampai dengan tanggal 9 Oktober 2020.

“KSN-SD tingkat provinsi tahun ini memang dilakukan secara daring, mengingat masih situasi Pandemi Covid-19, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan” ujar Wenten, Selasa (13/10).

Ajang KSN tingkat nasional lanjutnya, juga dilakukan secara daring mulai tanggal 31 Oktober hingga 5 November 2020. “Semoga dalam ajang KSN tingkat nasional nanti Putu Satria Nugraha Darma Suta dan Kadek Putri Alicia Dwita Maharani bisa sukses meraih prestasi dan mengharumkan nama Kabupaten Jembrana di Tingkat Nasional” harap Wenten. (Komang Tole)