Foto: District Governor Rotary District 3420 Lina Soeratman berfoto bersama Rotary Club of Bali Bersinar, Rotaract Club of STIE Satya Dharma Singaraja, Interact Club of SMP Nasional Denpasar, dan Interact Club of SMK Teknologi Nasional Denpasar.

Denpasar (Metrobali.com)-

District Governor Rotary District 3420 Lina Soeratman mengunjungi Rotary Club of Bali Bersinar untuk melihat lebih dekat eksistensi Rotary Club of Bali Bersinar serta berdiskusi tentang program yang telah dijalankan.

Acara District Governor Visit ini dipusatkan di Perdiknas Denpasar di Jalan Tukad Yeh Aya, Kota Denpasar pada Rabu sore (10/8/2022) dihadiri para Rotarian dari Rotary Club of Bali Bersinar, Rotaract Club of STIE Satya Dharma Singaraja, Interact Club of SMP Nasional Denpasar, dan Interact Club of SMK Teknologi Nasional Denpasar.

Kedatangan District Governor Lina Soeratman mendapatkan sambutan hangat dan antusias dari para siswa SMP Nasional Denpasar dan siswa SMK Teknologi Nasional Denpasar. Lina Soeratman didampingi President Rotary Club of Bali Bersinar Doktor Gung Tini Gorda kemudian meninjau produk-produk UMKM yang menjadi bagian program House of UMKM Bali Bersinar dari Rotary Club of Bali Bersinar.

Lina Soeratman mengungkapkan selaku District Governor Rotary District 3420, dirinya punya tugas mengunjungi club-club Rotary yang ada di wilayah kerjanya salah satunya Rotary Club of Bali Bersinar. Tujuannya jelas untuk memberikan suntikan semangat kepada Rotary Club of Bali Bersinar dalam menjalankan program tujuh fokus area.

Diharapkan Rotary Club of Bali Bersinar hingga para Rotaract Club dan Interact Club bisa semakin bersemangat untuk memberikan pelayanan dan pengabdian di bidang kemanusiaan, terutama untuk mencapai tujuan Rotary di tahun Imagine Rotary ini.

“Kebetulan tahun Imagine Rotary ini baru dimulai pada 1 Juli yang lalu dan baru 1 bulan berjalan. Kami kuatkan program-program dan aksi kemanusiaan,” kata Lina Soeratman.

Baca Juga :
Menteri Agama datangi KPK

District Governor Lina Soeratman berharap Rotary Club of Bali Bersinar bisa menjadi vibrant club atau club yang penuh semangat dan antusias serta agar menjadi lebih luar biasa lagi serta mampu membina Rotaract Club dan Interact Club sehingga mampu melahirkan calon-calon pemimpin yang akan mempunyai punya jiwa tolerasi tinggi dan kemanusiaan yang kuat.

“Semoga Rotary Club of Bali Bersinar menjadi lebih luar biasa lagi dan menjalankan program kemanusiaan,” pungkasnya.

Sementara itu President Rotary Club of Bali Bersinar Bali Dr. A.A.A. Ngurah Tini Rusmini Gorda, S.H., M.M., M.H.,mengungkapkan District Governor Visit ini juga semakin memperkuat pemahaman pihaknya terkait dengan 7 fokus area dari Rotary Club of Bali Bersinar.

Termasuk bagaimana memperkuat implementasi 7 fokus area itu di desa binaan Rotary Club of Bali Bersinar yakni Desa Kenderan, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, untuk menjadikan desa ini sebagai desa wisata bersinar, ramah perempuan dan perlindungan anak yang juga sejalan dengan program Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.

“Jadi kunjungan DG kali ini akan menambah wawasan dari sisi bagaimana kita melakukan kolaborasi. Harapannya kedepan bagaimana member paham mengaplikasikan 7 fokus area tersebut,” ujar Tini Gorda yang juga Ketua Pusat Studi Undiknas ini.

 

Club Community Service Rotary Club of Bali Bersinar Nyoman Hartini mengaku pihaknya merasa senang dan bangga bisa dikunjungi District Governor Rotary District 3420 Lina Soeratman yang juga memberikan penguatan untuk pelaksanaan program dan pengbabdian kemanusian dari Rotary Club of Bali Bersinar.

Termasuk dalam membina generasi muda menjadi calon-calon pemimpin melalui Rotaract Club dan Interact Club. “Diharapkan nantinya mereka juga dari sejak dini sudah mempunyai link atau jaringan secara internasional,” ujar Hartini.

Baca Juga :
Anti-Spyware Program

Assistant Governor Rotary District 3420 Wayan Tour Adnyana menambahkan Rotary terus berupaya membina generasi muda menjadi calon-calon pemimpin melalui Rotaract Club dan Interact Club.

Interact merupakan organisasi atau club untuk para pelajar usia 12 sampai 17 tahun. Sedangkan sedangkan Rotaract anggotanya dari usia 17 sampai 25 tahun atau untuk mereka yang masih kuliah atapun belum memiliki pekerjaan. Para Rotaract dan Interact diharapkan menjadi calon pemimpin dan wirausaha muda yang bergerak di bidang kemanusiaan.

Tiwi Tjandra selaku Youth Service Rotary Club of Bali Bersinar didampingi Angelica yang juga Youth Service Rotary Club of Bali Bersinar menambahkan Interact ini ada dua base atau basisnya yakni community base atau berbasis komunitas dan school base atau berbasis sekolah contohnya Interact Club of SMP Nasional Denpasar, dan Interact Club of SMK Teknologi Nasional Denpasar.

Para anggota Interact Club of SMP Nasional Denpasar ini pun terus diberikan pembinaan dan dilibatkan dalam berbagai kegiatan untuk mengenal lebih jauh apa itu Rotary. “Misalnya mereka dilibatkan dalam beberapa kali seminar untuk empowering girls, mengenai hukum perlindungan anak dan mengikuti leadership training,” terangnya.

Marista dari Interact Club of SMK Teknologi Nasional Denpasar mengakui senang bisa ikut dalam Interact Club dan mengenal lebih jauh tentang Rotary. Awal mulanya siswa kelas XII SMK Teknologi Nasional Denpasar mengakui ikut Interact Club agar bisa jalan-jalan sambil ikut membantu orang lain.

“Ke depan saya ingin bisa lebih banyak membantu orang lain dengan ikut Rotary Club,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Mega Muliana Putra dari Interact Club of SMP Nasional Denpasar. Siwa Kelas VIII SMP Nasional Denpasar ini mengaku ingin menambah wawasan sambil juga membantu orang lain.

Sebelumnya Rotary Club of Bali Bersinar telah meluncurkan 7 area fokus program kerja Rotary Club of Bali Bersinar “Berkarya untuk Bersyukur” di Desa Kenderan, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, pada Selasa 31 Mei 2022.

Baca Juga :
Mengatasi Kebosanan Dalam Hubungan Meski Baru Pacaran

Ekseksusi 7 area fokus program kerja Rotary Club of Bali Bersinar di Desa Kenderan ini bersinergi dengan Rotary Club Bali Buleleng Sakti, Rotaract of STIE Satya Dharma Singaraja, Interact SMP Nasional Denpasar, Interact SMK Teknologi Denpasar, serta Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali.

Adapun 7 area fokus program kerja Rotary Club of Bali Bersinar “Berkarya untuk Bersyukur” ini yakni, pertama adalah Areas of Focus Supporting Education atau Fokus Area Mendukung Pendidikan, ditandai launcing di 10 Banjar di Desa Kenderan dengan tematik “BALE” atau Banjar Literasi dan Edukasi.

Kedua, Areas of Focus Growing Local Economy atau Fokus Area Menumbuhkan Ekonomi Lokal dengan program Festival “PRANI”.

Ketiga, Areas of Focus Supporting Education Empowering Girls atau Fokus Area Mendukung Pendidikan Memberdayakan Perempuan melalui pemilihan 20 Duta “Sekar Nadi” atau Sekolah Karakter Calon Ayah dan Ibu”.

Kempat, Areas of Focus Supporting The Enviroment atau Fokus Area Mendukung Pelestarian Lingkungan melalui program “Eco Temple”.

Kelima, Areas of Focus Saving Mothers and Children and Areas of Focus Fighting Diseases atau Fokus Area Menyelematkan Ibu dan Anak serta Fokus Area Melawan Penyakit melalui program “PUSPEM RPPA” atau Puskesmas Pembantu Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Keenam, Areas of Focus Providing Clean Water and Sanitation atau Fokus Area Menyediakan Air Bersih dan Sanitasi melalui program “Toilet Project”.

Ketujuh, Areas of Focus Promoting Peace atau Fokus Area Mempromosikan Perdamaian melalui program “Outbond Kemerdekaan.” Di akhir tahun 2022 juga akan dilaksanakan kegiatan Celebration Berkarya untuk Bersyukur. (wid)