Ket foto : Pemantauan kesehatan daging di beberapa pasar oleh Tim Distan Kota Denpasar, Senin (12/4) pagi/MB

Denpasar (Metrobali.com) –

Dinas Pertanian Kota Denpasar melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan turut melaksananakan pengecekan kesehatan daging pada Senin (12/4). Pengecekan ini dilaksanakan dengan menyasar 36 Pasar Rakyat dan Rumah Potong Hewan (RPH) Pesanggaran.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, Made Ngurah Sugiri Senin (12/4) mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan guna memastikan kesehatan daging babi menjelang Hari Suci Galungan.

“Hal ini tidak lain adalah untuk menjamin keamanan dan ketenteraman batin masyarakat dalam mengkonsumsi pangan asal hewan (PAH), khususnya daging babi yang sehat, aman dan utuh,” ungkapnya.

Dikatakan Sugiri, untuk mendukung kelancaran pemeriksaan daging ini pihaknya turut membentuk 13 Tim yang melaksanakan pemeriksaan post morthem dan ante morthem atau sebelum dan sesudah disembelih.

“13 Tim inilah yang melaksanakan pengecekan di 36 Pasar Rakyat dan RPH Kota Denpasar untuk memastikan kesehatan daging babi dan daging di pasaran, selain itu pemantauan ini juga upaya untuk memastikan ketersediaan stok daging,” ujarnya

Sugiri mengatakan, dari hasil pemantauan H-2 diketahui bahwa seluruh daging secara organoleptik dinyatakan sehat dan layak dikonsumsi.

“Jadi hasil pemantauan kami di lapangan  pada H-2 bahwa seluruh daging yang tersedia di pasar dan RPH dinyatakan sehat dan layak dikonsumsi,” ujarnya. RED-MB

Baca Juga :
Konten dan Tulisan ''Obor Rakyat'' Dibahas Ahli