Ket foto : Pelaksanaan Pembinaan Pokdarwis di Desa Kesiman Kertalangu, Senin (16/4). 

Denpasar (Metrobali.com)-

Desa dengan segala kearifan lokal yang ada tentu memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini tentu dapat menjadi peluang perkembangan destinasi pariwisata baru. Karenanya, Pemkot Denpasar melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Denpasar mendorong peran aktif masyarakat untuk mengembangkan destinasi pariwisata di tingkat desa yang diwujudkan melalui pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kota Denpasar. Seperti halnya pada Senin (16/4), Dispar Kota Denpasar telah melaksanakan pembinaan Pokdarwis di Desa Kesiman Kertalangu.

Kadis Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani saat diwawancarai Selasa (17/4) menjelaskan bahwa pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan. Salah satunya adalah masyarakat yang merupakan unsur penting terlaksananya pariwisata di suatu desa.

“Masyarakat merupakan subyek, obyek dan bahkan pelaku pariwisata, sehingga sinergitas antar pemangku kepariwisataan termasuk masyarakat menjadi unsur penentu jangka panjang pembangunan parisiwata itu sendiri,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, dari adanya pembinaan ini pihaknya berharap desa-desa di Kota Denpasar mampu menggali berbagai potensi yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata baru. Seperti halnya Kelurahan Serangan yang kini telah ditetapkan menjadi Desa Wisata. Selain itu, pelaksanaan pembinaan ini juga bertujuan untuk memajukan pariwisata desa serta meningkatkan pemahaman masyarakat tentang sadar wisata dan sapta pesona yang merupakan program pemerintah pusat.

“Dengan adanya pembinaan ini tentu diharapkan masyarakat dapat aktif mengembangkan berbagai potensi wisata baru, seperti di Kesiman ada Tukad Bindu, di Taman Kumbasari Tukad Badung, serta di Pulau Serangan dengan ragam kuliner lautnya yang khas,” jelasnya.

Dezire menambahkan, adapun total jumlah Pokdarwis di Kota Denpasar yaknis sebanyak 12 kelompok. Meliputi Pokdarwis Kelurahan Serangan, Desa Sanur Kauh, Desa Sanur Kaja, Kelurahan Sanur, Desa Keisman Kertalangu, Kelurahan Dauh Puri, Desa Sumerta Klod, Desa Sumerta Kauh, Desa Peguyangan Kaja, Kelurahan Penatih, Kelurahan Kesiman, dan Kelurahan Danguin Puri.

Baca Juga :
Bupati Suradnyana Instruksikan Seluruh SKPD Mewujudkan E-Government dengan E-Surat Buleleng

Dari total 12 Pokdarwis yang ada di Kota Denpasar, pada tahun 2018 ini terdapat 3 Pokdarwis yang mendapatkan pembinaan. yakni Desa Pokdarwis Kelurahan Serangan, Pokdarwis Desa Kesiman Kertelangu, dan Pokdarwis Kelurahan Sanur. Sedangkan sembilan lainya akan dilaksanakan pembinaan secara bertahap. “Semua akan mendapatkan pembinaan, namun dilaksanakan secara bertahap,” pungkasnya.

Editor : Whraspati Radha