Mangupura (Metrobali.com)-

Bupati Badung yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Cok Raka Darmawan menghadiri sekaligus membuka secara resmi Pameran Baligrafi Tulisan Bali, bertempat di Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, Kamis (7/7). Turut hadir Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani, Perwakilan Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Perwakilan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung, Bendesa Adat Kapal serta undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Badung yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Cok Raka Darmawan menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap Perpustakaan karena perpustakaan hadir dalam upaya pelestarian dan penyelamatan sebagai salah satu bentuk nyata dalam memperkuat pemahaman, pelaksanaan serta pelestarian naskah kuno dan koleksi budaya etnis nusantara melalui pameran baligrafi. “Selama ini kita melihat bahwa naskah kuno dan budaya etnis yang ada pada masyarakat belum mendapat perhatian dan perawatan, untuk itu diharapkan melalui pameran baligrafi yang dimulai dari generasi muda Kabupaten Badung agar selalu melakukan bentuk nyata dalam implementasi kecintaan terhadap tulisan Bali dapat dikembangkan menjadi suatu karya seni yang bernilai tinggi serta literasi dimaknai dari mengenal huruf, memahami dan menghasilkan ide dan gagasan dengan hasil akhir menghasilkan barang dan jasa serta hasil karya baligrafi inilah bentuk nyata salah satu hasil dari literasi,”ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani melaporkan acara pameran ini dilaksanakan selama dua hari mulai hari ini tanggal 7 Juli 2022 dan terakhir Jumat tanggal 8 Juli 2022, pameran dilakukan dengan berkolaborasi dengan Yowana Kelurahan Kapal. Pameran juga dilengkapi dengan pameran arsip dan pameran hasil inklusi sosial.

Lebih lanjut disampaikan pameran hari ini mengambil tema “Dengan Pameran Baligrafi kita wujudkan kecintaan dan kreativitas generasi muda dalam melestarikan aksara Bali”. Adapun tujuan dari pelaksanaan pameran ini diantaranya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya generasi muda dalam ikut menjaga dan melestarikan naskah kuno serta budaya etnis nusantara, menjadikan karya Baligrafi Tulisan Bali sebagai kreativitas seni dan bernilai religius, pameran ini diharapkan memotivasi dan menumbuhkan kreativitas generasi muda yowana se-Kabupaten Badung untuk berkarya yang berkaitan dengan pelestarian.

Baca Juga :
Race 1 diundur, berikut ini jadwal baru WSBK di Mandalika pada Minggu

Sumber : Humas Pemkab Badung