Matangkan Pengamanan Lomba Gerak Jalan

Buleleng,  (Metrobali.com)

Panitia lomba gerak jalan serangkaian HUT RI ke 77 kembali dimatangkan. KONI Buleleng bersama Dinas Perhubungan, Polres Buleleng, Kodim 1609/Buleleng dan Satpol PP Buleleng membahas lebih rinci soal teknis pengamanan dalam rapat koordinasi Kamis, (21/7) pagi.

Rapat koordinasi dibuka Ketua Umum KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja di ruang rapat KONI. Masing-masing instansi terkait yang dilibatkan dalam pengamanan lomba gerak jalan pun diberikan kesempatan memaparkan rencana pengamaannya.

Kepala Dinas Perhubungan Buleleng Gede Gunawan Adnyana Putra mengatakan akan menyiapkan 35 orang personil untuk mengawal pengamanan lalu lintas selama pelaksanaan lomba. Dishub Buleleng pun mengaku sudah memetakan zona dan persimpangan jalan untuk penempatan personil. Termasuk potensi kepadatan hingga kemacetan lalu lintas yang akan terjadi selama perlombaan.

“Kami sudah petakan potensi rawan kemacetan di beberapa lokasi yang menjadi rute gerak jalan. Rencananya selain mengalihkan arus lalu lintas, kami juga menghimbau kendaraan material untuk beristirahat sejenak di terminal saat jam-jam tertentu untuk mengurai kemacetan,” ucap Gunawan.

Hal itu disebutnya menjadi salah satu solusi menghindari kemacetan. Sebab di sejumlah jalur yang dipakai rute lomba gerak jalan, masuk dalam akses jalan padat lalu lintas. Seperti jalur pantai utara Buleleng yang setiap harinya dilalui 130 truk material. Selain pengamanan arus lalu lintas, Dishub juga mendukung KONI penyediaan penerangan jalan di jalur-jalur yang akan dipakai rute.

Paur Binops Polres Buleleng Iptu Putu Marayasa juga mengatakan sudah menyiapkan personil untuk mendukung pelaksanaan lomba gerak jalan. Personil akan ditempatkan di sejumlah simpang dan traffic light yang dilintasi.

Sementara Dandim 1609/Buleleng Letkof Arh Tamaji yang hadir langsung dalam rapat koordinasi menekankan kepada panitia penyelenggara agar mengedepankan sportifitas. Sehingga peserta lomba yang sudah berlatih keras benar-benar dihargai usahanya.

Baca Juga :
Medis : Krisis Pangan Sudan Selatan Terburuk di Dunia

“Pesan saya untuk mengapresiasi adik-adik kita yang ikut serta dan sudah berlatih pagi, siang, malam, panitia harus menjunjung sportifitas, tidak memihak. Dan kami siap membantu, kalau kurang personil pengamanan anggota babinsa kami siap back up di daerah yang dilintasi. Intinya kolaborasi dan sinergitas agar dilakukan dengan matang,” tegas Letkol Arh Tamaji.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Lomba Gerak Jalan, Putu Nova Anita Putra mengabarkan update peserta yang sudah mendaftar total sudah mencapai 78 regu. Sebanyak 8 regu di kategori gerak jalan dewasa putra 45 kilometer, 4 regu masing-masing di kategori gerak jalan dewasa putro 17 kilometer dan SMP 8 kilometer, 59 regu kategori SD 8 kilometer dan 3 regu kategori gerak jalan kocak. (RED-MB)