Foto: Direktur Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Dr. Ir. M. Bakrun, M.M. menjadi Narasumber Utama pada Rapat Kerja Guru SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara yang  diadakan secara online atau daring.

Denpasar (Metrobali.com)-

Masa Pandemi menjadikan SMK Penerbangan Cakra Nusantara sebagai SMK Pusat Keunggulan semakin mantap dalam mempersiapkan kualitas Guru atau Tenaga Pendidiknya dalam kegiatan Rapat Kerja Guru Tahun Pelajaran 2021/2022 yang diadakan secara online atau daring.

Direktur Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Dr. Ir. M. Bakrun, M.M. menjadi Narasumber Utama pada Rapat Kerja Guru SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara.

Kegiatan juga dihadiri secara daring oleh Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, I Made Sutarjana, S.Sos., MM sekaligus membuka kegiatan Rapat Kerja Guru Tahun Pelajaran 2021/2022.

Sutarjana menyatakan SMK Penerbangan Cakra Nusantara adalah salah satu sekolah kejuruan yang luar biasa karena walau masa pandemi tetap bisa melaksanakan kegiatan rapat kerja guru dan bahkan dinarasumberi oleh Direktur SMK Republik Indonesia.

“Semoga kegiatan dapat diikuti dengan tertib dan lancar sehingga dapat bermanfaat dalam pelaksanaan pembelajaran di Tahun Pelajaran 2021/2022 ini,” kata Sutarjana.

Selain Direktur Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Dr. Ir. M. Bakrun, M.M, juga mengundang Pengawas SMK Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, yakni Ibu Ni Gusti Ketut Rai Marina, M. Pd., sebagai narasumber penguatan kurikulum, persiapan sarpras baik daring maupun luring.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara yang telah Terakreditasi A Unggul telah ditetapkan sebagai SMK Pusat keunggulan sesuai SK Dirjen Vokasi NO.22/D/O/2021 Serta Sekolah Penggerak 2021 menciptakan sebuah inovasi terkini yang dapat menunjang pengetahuan lebih mendalam mengenai Penerbangan.

Baca Juga :
Buang Sampah Sembarangan, 2 Warga Diamankan

Guru SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara telah tersertifikasi BNSP sehingga dapat menjadi fasilitator yang sangat baik bagi Taruna-taruni.

Guru atau tenaga pendidik SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara tidak hanya dari pelajaran umum, juga berasal dari Praktisi Dunia Usaha dan Dunia Industri serta pendidikan langsung dari TNI AU Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali.

Selain Guru yang mumpuni, SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara memiliki berbagai Fasilitas Belajar yang menunjang baik sebelum Pandemi sampai saat ini. Memiliki fasilitas belajar secara Daring sejak berdirinya sekolah, yakni E-Learning menggunakan siDilan atau sistem informasi digital administrasi dan pembelajaran.

Fasilitas belajar online sejak lama menjadikan SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara semakin siap menghadapi berbagai kendala pembelajaran online di masa Pandemi.

Adapun berbagai fasilitas penunjang praktek yang ada di sekolah diantaranya Simulator Pesawat Cesna 172, Boeing 737-800 Next Generation, Simulator Air Traffic Controller, ruang 4D iMax, mini hanggar, Laboratorium Virtual Office, mobil tv dan Radio Digital Streaming-Podcast dan masih banyak lagi. Simulator Pesawat Cesna 172 Mobile ini merupakan terobosan baru yang hadir di SMK Penerbangan Cakra Nusantara.

Melalui media pembelajaran ini, diharapkan taruna/i yang berada disekolah dapat mempelajari penggunaan alat-alat didalam cockpit pesawat sehingga menjadi dasar sebelum terjun ke DU/DI.

Menurut Kepala IT SMK Penerbangan Cakra Nusantara, Made Sutawan, S.Kom.  mobil simulator ini merupakan terobosan baru yang hadir di SMK Penerbangan Cakra Nusantara. Melalui media pembelajaran ini, diharapkan taruna/i yang berada disekolah dapat mempelajari penggunaan alat-alat didalam cockpit pesawat sehingga menjadi dasar sebelum terjun ke DU/DI.

Didalamnya, tidak hanya simulator Cesna 172, juga Lengkap dengan Flight Review & Flight ATC. Ini merupakan simulator yang wajib untuk dikuasai siswa siswi yang ingin mencapai cita-cita menjadi co-pilot/pilot.

Baca Juga :
Grebek Pasar Adat Swecapura Gelgel

Pelaksanaan pembelajaran teori di sekolah juga ditunjang oleh fasilitas yang lengkap yang menunjang gaya belajar taruna/i nya. Fasilitas tersebut diantaranya, mobil tv dan radio streaming ruang belajar 3D iMax, Multibahasa, IT Teaching Room, dan ruang terbalik, pipa berbisik dan masih banyak lagi.

Pembelajaran di SMK Penerbangan Cakra Nusantara menerapkan pembelajaran Daring dan Luring sesuai dengan Surat Keputusan Bersama Mendikbud, Menkes, Menag dan Mendagri No.01/KB/2020 ditunjang dengan digital entertain experience education system atau D-3-E-S, penerapan system e-Learning atau pembelajaran elektronik serta video conference bersama DU/DI untuk menunjang pengetahuan dan kompetensi saat menjalankan praktek.

Praktek dengan teknologi terupdate serta dengan pesawat yang masih beroperasi (bukan pesawat usang) secara langsung di DUDI.
Adapun Kompetensi Keahlian yang tersedia diantaranya Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara), Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Power Plant), Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Electrical Avionics), Teknik Transmisi dan Telekomunikasi (Penerbangan). Dan yang terbaru yakni Kompetensi Keahlian Energi Baru Terbarukan.

Selain fasilitas yang mumpuni, seluruh pengelola Management SMK Penerbangan Cakra Nusantara beserta guru produktif telah tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Tak hanya pengelolanya, seluruh Taruna/i setelah lulus juga telah memperoleh sertifikasi BNSP diantaranya: Sertifikasi Komputer, Bahasa Inggris, serta sertifikasi sesuai dengan kompetensi keahliannya seperti: Ticketing and Reservation, Fluid Power, Kelistrikan, Human Factor and Safety Management System.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara – SMK Pusat Keunggulan – Sekolah Penggerak 2021 Terakreditasi A (Unggul) saat ini membuka Penerimaan Perserta Didik Baru 2021/2022 yang dapat dihubungi pada nomor pendaftaran 03614742600 atau 081237098090 website www.smkcakranusantara.com Ayo BANGKIT dari keterpurukan bersama SMK PENERBANGAN CAKRA NUSANTARA SMK PUSAT KEUNGGULAN ( CENTER OF EXCELLENCE ) SEKOLAH PENGGERAK 2021. (rls)

Baca Juga :
Kasus Penculikan WNA Bulgaria Bermotif Dendam : Polda Bali Tetapkan Keduanya Jadi Tersangka