Mangupura (Metrobali.com)-

Peran Kepala Sekolah sangat strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, karena pendidikan yang bermutu baik akan mampu melepaskan diri kita dari kebodohan dan keterbelakangan. Terkait dengan peningkatan mutu pendidikan ini maka para kepala sekolah harus bisa memahami dengan baik tugas pokok dan fungsinya diantaranya menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, inovatif, dinamis dan dialogis. Demikian disampaikan Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Badung dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kabid Tenaga Pendidikan  I Nyoman Suardana pada pembukaan Workshop Manajemen bagi Kepala Sekolah Dasar se-Kabupaten Badung di Hotel Darmawan Denpasar, Senin (22/4).

 

Ditambahkan pula bahwa  para kepala sekolah harus juga mempunyai komitmen secara professional untuk meningkatkan mutu pendidikan, serta memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga maupun profesi. Karena hal tersebut maka  para kepala sekolah harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi yang sesuai dengan bidang tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Disamping itu pula peningkatan mutu tenaga kependidikan secara nasional mengamanatkan bahwa tujuan pendidikan adalah meningkatkan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, tangguh, cerdas, sehat jasmani dan rohani. Karena itu sebagai Kepala Sekolah harus mampu menciptakan inovasi baru bagi pengembangan sekolah, bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah, serta harus berahlak mulia dan dapat menjadi tauladan bagi komunitas sekolah.

Disisi lain ketua penyelenggara dalam laporannya dibacakan Kasi Tenaga Pendidik TK/SD I Gst. Ngurah Wiguna mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya workshop ini adalah demi tersedianya kepala sekolah yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan sebagai kepala sekolah yang professional, serta tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas. Peserta workshop diikuti oleh 40 kepala sekolah SD  se-Kabupaten Badung dan dilaksanakan selama  4 hari dari tanggal 22 s/d 25 April 2013. PUT-MB

Baca Juga :
Kipas dan Pemanas Ayam Disikat Pencuri